Nalar.ID

Cara RKIH Beri Motivasi untuk Warga Binaan Lapas

Nalar.ID – Bagi sebagian banyak orang, lembaga pemasyarakatan (lapas), identik dengan ‘rumah’ bagi orang-orang yang melakukan kesalahan. Kesalahan pandangan dan persepsi ini mesti segera diubah.

Hal ini direspon oleh Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) pimpinan Kris Budihardjo. Pihaknya memandang, perlu memberikan sebuah motivasi kepada para penghuni lapas atau rutan (rumah tahanan).

Salah satunya di rutan Salemba kelas IIA. Di tempat ini, Kris, bersama sejumlah tim di RKIH bertandang. Sejak siang, mereka memberikan layanan motivasi, komunikasi, dan sharing ke lebih 931 penghuni rutan yang berlokasi di Jakarta Pusat itu.

Motivasi, Komunikasi, dan Sharing

Kris menuturkan, pihaknya memberikan layanan motivasi untuk semua aspek. “Tujuannya, agar para warga binaan termotivasi supaya tambah optimis saat menjalani hukuman dan setelah bebas dari tahanan,” kata Kris, Sabtu (23/3).

Dalam sharing tersebut, Kris, sekaligus menggali sejumlah potensi dalam diri warga binaan. Untuk itu, lanjutnya, perlu ditanamkan beberapa pelatihan agar berkreasi sendiri.

Lebih lanjut, Kris menilai, rutan atau lapas, semestinya diperuntukkan sebagai lembaga pembinaan, bukan lembaga penghukuman.

“Rutan akan menjadi tempat agar manusia lebih baik kalau dirinya punya kualitas dengan kepribadian atau fisik. Kami memakai teori manajemen kehidupan untuk warga binaan,” lanjutnya.

Ia menyebut, kehadirannya di rutan ini berkat kerjasama dengan pihak rutan. RKIH, diminta pihak rutan atau lapas memberikan layanan ini kepada warga binaan.

Pelatihan dan Skill Minat

Tak hanya motivasi, para penghuni juga diberikan pelatihan sesuai minat dan bakat dari RKIH. Mulai dari pemberian bibit dari RKIH untuk bercocok tanam di areal lapas atau rutan, berternak hewan sapi dan kerbau, hingga membangun motivasi keagamaan dan mental.

Hasil bercocok tanam, nantinya, akan dibeli RKIH. “Mereka enggak perlu mikirin pemasaran. Hasil panen kami beli. Keuntungan untuk tabungan mereka,” lanjutnya.

Sebelum Salemba, RKIH, telah memberikan layanan ke lapas Cipinang, Jakarta; Nusakambangan, Cilacap; hingga beberapa lapas lain. Jadual motivasi dibuat sepekan sekali, tergantung permintaan lapas atau rutan.

Tak hanya warga lapas, RKIH, juga memiliki program motivasi kepada para lembaga dan pemimpin daerah. Hanya saja, bentuk penyampaiannya berbeda dengan warga binaan. “Tujuannya sama, memberikan motivasi yang sama, yaitu mencapai kesuksesan,” imbuhnya.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi