Nalar.ID

Cara Simpan Data Instagram Sebelum Hapus Akun

Nalar.ID, Jakarta – Media sosial Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer. Pasalnya, pengguna bisa mengunggah foto yang dianggap bagus dan mengabadikannya. Selain itu pengguna juga bisa melihat aktivitas sehari-hari artis atau selebriti idola mereka.

Namun, tak jarang ada pengguna yang merasa bosan dengan segala hal yang ditawarkan Instagram. Kemudian memutuskan untuk menghapus akun Instagram miliknya secara permanen. Tentunya, dengan menghapus akun Instagram, semua data di dalamnya akan ikut terhapus.

Bila masih ragu ingin menghapus akun karena masih sayang dengan data yang ada, tak perlu khawatir. Ada cara menyimpan atau menyelamatkan data dari akun Instagram itu, sehingga setelah akun dihapus kita masih bisa melihat aktivitas yang sudah kita lakukan di Instagram.

Menyelamatkan data di Instagram bukan hanya seputar memindahkan foto atau video saja. Namun, juga termasuk Stories yang sudah diarsipkan, pesan pribadi di direct messenger (DM), informasi profil, sampai komentar yang sudah kita terima.

Bila ingin menghapus akun Instagram, namun masih ingin menyimpan data, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Buka aplikasi Instagram.

2. Buka profil Instagram.

3. Pilih tanda tiga garis di pojok kanan atas.

4. Pilih settings atau pengaturan.

5. Pilih security atau keamanan.

6. Pilih download data atau unduh data.

7. Masukkan alamat email yang digunakan untuk membuat akun Instagram, lalu tekan request download atau minta unduh.

8. Masukkan password Instagram, lalu tekan next atau berikutnya.

9. Selesai, semua data akan terunduh dalam waktu 48 jam.

Cara-cara di atas bisa dilakukan di smartphone atau di desktop, karena caranya persis sama. Jika data sudah terunduh semua, berikutnya menghapus akun secara permanen.

Menghapus akun Instagram cukup mudah. Namun, hanya bisa dilakukan di Instagram desktop, atau bisa di PC dan laptop. Setelah mengisi alasannya, pilih permanently delete my account, atau hapus akun saya secara permanen. Akun Instagram pun akan terhapus selamanya. Selamat mencoba.

Penulis: Hutomo Dwinugrahanto | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi