Nalar.ID

Catat! Bersihkan Layar HP Bisa Cegah Corona

Nalar.ID, Jakarta – Ternyata sering membersihkan layar ponsel dapat mencegah penularan virus Corona. Fakta ini jarang terungkap, sebab banyak orang lebih fokus pada peningkatan imunitas tubuh dan mencuci tangan untuk pencegahan virus.

Tetapi, menurut profesor dari Universitas Southampton William Keevil, penularan virus Corona melalui ponsel mungkin saja terjadi.

“Anda bisa cuci tangan, tapi bila mulai menyentuh layar ponsel dan menyentuh wajah, itu berpotensi terinfeksi,” katanya, dikutip Nalar.ID dari The Sun, Jumat (20/3/2020).

Berdasarkan penelitian Dscout, rata-rata pengguna menyentuh ponsel 2.600 per hari. Serta menggunakan secara aktif 76 kali. Menurut Mark Fielder, ahli Microbiologist di Kingston University, rutin membersihkan ponsel adalah hal yang penting dilakukan.

“Saya sarankan untuk membersihkan ponsel dengan larutan alkohol. Mungkin tidak meminjamkan dulu handphone Anda (ke orang lain),” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak menyatakan, tak ada bukti virus Corona menyebar lewat udara, sehingga menggunakan masker belum tentu jadi solusi.

“Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal paling sering disentuh adalah ponsel. Jadi, menggunakan masker bukan hal paling penting,” ujarnya.

Untuk membersihkan handphone, bisa gunakan larutan alkohol atau tisu disinfektan. Mulai kini, pastikan handphone Anda tetap bersih, ya.

Penulis: Erha Randy | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi