Nalar.ID

Catat! Festival Belanja Brand Lokal Digelar Online Mulai 25 April 2020

Nalar.ID, Jakarta – Festival belanja online brand lokal pertama di Indonesia bakal diselenggarakan pada 25-27 April 2020 melalui berbagai kanal online.

Rencananya, Hari Belanja Brand Lokal ini akan diikuti oleh lebih dari 1.000 brand lokal Tanah Air.

Penyelenggara Hari Belanja Brand Lokal, Achmad Alkatiri menjelaskan, Hari Belanja Brand Lokal yang pertama ini diorganisir oleh dan untuk brand lokal Indonesia.

“Teman-teman dari beberapa brand bergotong-royong mengorganisir inisiatif ini, setelah melihat dampak krisis Covid-19 yang signifikan terhadap bisnis,” kata Achmad Alkatiri, dalam siaran tertulis yang diterima Nalar.ID, Kamis (9/4/2020).

Kelas Online

Hingga kini, tak sedikit brand lokal di Indonesia mengalami penurunan penjualan sampai 50 persen karena wabah Covid-19. Ini memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan bisnis brand lokal yang mayoritas adalah sektor usaha UMKM.

“Inisiatif ini tidak hanya mengenai promosi kepada konsumen, tapi solidaritas antar sesama brand lokal. Nanti akan ada program sharing dari brand lokal lainnyakelas online keuangan bisnis, tips, dan hal lainnya yang membuat pemilik brand lebih siap menghadapi krisis.” lanjut Achmad.

Tiga hari sejak pendaftaran untuk brand lokal dibuka, penyelenggara telah mencatat ada 476 brand lokal yang telah terdaftar. Komposisinya 68 persen dari kategori fashion.

“Kita ingin mengajak ribuan brand lokal di Indonesia untuk menyatukan suara, pengalaman, ide, inovasi dan promosi. Semuanya secara online. Sudah saatnya brand lokal mengambil perhatian lebih dari masyarakat Indonesia. Secara kualitas, desain dan harga, produk lokal kita sudah tidak kalah dari merk global,” tambah Achmad.

Versus Brand Luar

Founder & CEO Brodo, Yukka Harlanda menuturkan Brodo bangga bisa ikut menginisiasi dan menjadi bagian dari Hari Belanja Brand Lokal.

“Inisiatif ini akan membantu membentuk support system untuk teman-teman brand lokal di Indonesia kedepannya. Kekuatan sesungguhnya dari brand lokal adalah sense of community. Bersama-sama kita saling membantu untuk tetap tangguh merespon situasi. Kompetisi kita sebenarnya adalah brand luar. Hanya dengan semangat gotong royong ini bisa kita lalui bersama,” ujar Yukka.

Hal senada turut disampaikan Founder & CEO Torch, Ben Wirawan.

“Dengan kehadiran Hari Belanja Brand Lokal ini, bisa lebih banyak lagi brand-brand lokal yang tumbuh dan berkembang menjadi favorit masyarakat. Serta mengurangi dominasi produk impor,” tambah Ben.

Diketahui, pendaftaran brand secara gratis dapat melalui brandlokal.online dan akan dibuka hingga 10 April 2020.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi