Nalar.ID

Catat! Ini Lokasi Sentra Vaksinasi HIPPINDO di Surabaya

Nalar.ID, Jakarta – Masapandemi Covid-19, kolaborasi jadi kunci sukses akselerasi vaksinasi nasional untuk mencapai herd immunity.

Oleh karena itu, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menggandeng sejumlah pihak guna menggelar sentra vaksinasi di berbagai kota besar di Indonesia. Salah satunya dengan perusahaan retail global asal Jepang UNIQLO.

Mulai Senin (26/7/2021), HIPPINDO mengelar sentra vaksinasi di Gedung Kencana, kawasan Bubutan, Surabaya. Sentra vaksinasi ini merupakan kolaborasi HIPPINDO-Kementerian Koperasi UKM-TNI, dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Serta Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim.

Adapun, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai meninjau lokasi, Jumat (30/7/2021) lalu. Ia didampingi Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM Jatim, Muhammad Rizal, Ketua Umum Forkas Jatim Eddy Widjanarko dan pejabat daerah.

Hanung mengatakan pentingnya vaksinasi Covid-19. “Dengan vaksin kita bisa membantu dua hal. Covid-19 bisa kita tangani dan kegiatan ekonomi bisa kita pulihkan,” ucapnya, kepada Nalar.ID.

Ia mengapresiasi kerjasama semua pihak dalam membantu program vaksinasinasional. menurutnya ini adalah masalah bersama, bukan hanya masalah pemerintah saja.

“Upaya HIPPINDO membuka sentra di berbagai daerah di Indonesia adalah wujud peran HIPPINDO sebagai asosiasi peritel terbesar di Indonesia terhadap percepatan pemulihan ekonomi,” kata Ketua HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah.

Makin banyak yang divaksin, lanjut Budihardjo, kian cepat herd immunity dicapai. “Dunia usaha kembali bangkit. Daya beli masyarakat membaik, maka ekonomi kita pasti pulih,” sambungnya.

Hal senada disampaikan oleh Co-Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), Yugo Shima. Ia menyebut bahwa kerjasama ini bentuk kepedulian UNIQLO terhadap masyarakat. Sekaligus dukungan bagi langkah pemerintah mempercepat vaksinasi untuk masyarakat Indonesia.

Selain di Surabaya, HIPPINDO juga sudah melayani vaksinasi melalui berbagai sentra vaksinasi di kota-kota lain. Di antaranya, Solo Raya (17 Juli di De’ Tjolomadoe, Karanganyar), Bandung Raya (18 Juli di PJV Mal), Jogja Raya (25Juli di Jogja Expo Center), dan Semarang Raya (28 Juli di Auditorium Imam Barjo, SH, Undip). Sementara kota-kota lain segera menyusul.

Di Jakarta, dalam kurun waktu 46 hari sejak dibuka pada 7 Juni – 22 Juli 2021 sentra vaksinasi ini sudah memberi vaksin Covid-19 tahap 1 kepada 91.669 akseptor dan vaksin tahap 2 kepada 9.570 akseptor dari seluruh Jabodetabek. Sehingga total vaksin yang sudah diberi adalah 101.239 dosis.

Para akseptor terdiri dari dari anggota HIPPINDO dan ekosistem di dalamnya (asosiasi dan pelaku UKM), masyarakat, anak usia 12+, dan penyandang disabilitas. Targetnya, vaksinasi tahap pertama yang akan berakhir 14 Agustus ini akan diberi kepada 150 ribu akseptor dengan kuota 5.000 akseptor per hari.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi