Nalar.ID

Catat! Surat Pindah Bisa Diurus di Dukcapil Terdekat

Nalar.ID – Tidak perlu takut mengurus surat pindah kependudukan. Saat ini, pengurusan surat pindah kependudukan tidak lagi rumit dan berbelit.

Pasalnya, pengurusan tak lagi harus mendatangi dukcapil (kependudukan catatan sipil) awal, tapi bisa di dukcapil terdekat.

“Masalah kependudukan itu sebenarnya karena ada ketidaktertiban administrasi. Menghadapi persoalan ini, Dukcapil sudah melakukan beragam terobosan,” kata Sekretaris Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri I Gede Suratha dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk ‘Era Baru Tak Ribet Urus KTP’ di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (5/12).

Di antara terobosan itu, kata I Gede, termasuk pengurusan surat pindah. Disebutkan, pengurusan surat tidak tidak lagi harus dilakukan di kantor Dukcapil asal. Melainkan, sambungnya, bisa dilakukan di kantor dukcapil terdekat dengan domisili baru.

“Kalau seseorang pindah dan letaknya cukup jauh, sehingga tidak memungkinkan untuk mengurus surat pindah di dukcapil asal, surat pindah bisa diurus dari tempatnya berada sekarang,” katanya.

Jadi mekanismenya, menurutnya, Dinas Dukcapil di lokasi domisili baru akan berkomunikasi dengan dukcapil asal. “Dengan komunikasi antar (dinas) dukcapil maka bisa dikeluarkan surat pindahnya bagi orang itu,” katanya.

Prinsipnya, menurut I Gede, pemerintah saat ini sedang merapikan semua regulasi. Dan keberadaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ini, diharapkan, bisa memecahkan berbagai masalah dan mengurai keruwetan yang selama ini terjadi.

“Dengan digitalisasi ini, yang tadinya ruwet, jadi cepat. Pemerintah ingin membahagiakan yang dilayani, dalam hal ini masyarakat. Maka aparat arus menyederhanakan dan mempercepat mekanisme pelayanan sehingga akuntabilitas dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” tuturnya.

Hanya saja, katanya, masyarakat diminta untuk memiliki kesadaran. Sebab, bagi yang tak mau melakukan registrasi, tidak bisa menggunakan ADM.

“Banyak hal yang kita gampangkan, tetapi bagi yang selama ini gemar menggampangkan, ya memang jadi susah. Bagi warga negara yang selama ini sudah tertib, itu jadi gampang. Sebenarnya ADM adalah step yang dipakai untuk meningkat ke tahap lebih tinggi,” tukasnya.

Penulis: Erha Randy | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi