Nalar.ID

Cerita Dibalik ‘Ayo Turu’ Zaskia Gotik dan Pasar Dancedhut di Indonesia

Nalar.ID – Satu dekade Zaskia Shinta, atau lebih dikenal sebagai Zaskia Gotik, menancapkan karir di industri musik Tanah Air. Menandai perjalanan ini, ia melepas single baru berjudul Ayo Turu.

Secara eksplisit, lagu bernuansa dancedhut ini berlirik ajakan ‘Ayo Turu’, yang tak lain kosakata bahasa Jawa yang berarti ‘ayo tidur’. Terlebih, warna vokal Gotik–sapaan akrabnya–, terdengar khas dengan lirik lagunya.

Produser sekaligus CEO Nagaswara Music & Publishing, Rahayu Kertawiguna, label yang menaungi lagu ini, mengatakan bahwa genre dancedhut berkembang dinamis.

“Mengikuti selera masyarakat. Contohnya, seperti lagu Tarik Selimut, terasa lebih EDM (electronic dance music). Kalau Ayo Turu, lebih kekinian dari sudut melodinya,” ujar Rahayu, dihubungi Sabtu (14/9).

Pesan Moral untuk Pekerja

Lagu ciptaan Koko Julian dan arranger Donall Kinan Sammy ini bercerita mengenai ajakan untuk segera beristirahat untuk pegawai kantoran usai menjalani pekerjaan rutin. Baik di tempat bekerja atau rumah.

Kata Rahayu, lagu ini memberikan pesan moral yang kuat. “Bagi pekerja keras, harus mengimbangi istirahat agar tubuh kita tetap terjaga. Pesan positif ini yang ingin saya sampaikan,” jelas Rahayu.

Sayangnya, saat proses pembuatan lagu tersebut, penyanyi yang dikenal dengan goyang itik-nya ini sempat berhenti mengikuti proses rekaman karena kesibukan.

“Aku enggak mau menyerah. Karena ada beberapa kesibukan, aku harus tetap eksis, ya dengan lagu ini,” ujar Zaskia, kepada sejumlah awak media, Kamis (12/9).

Selain itu, lagu ini baru dikeluarkan September ini karena pertimbangan menjaga ritme secara continue per bulan. “Kami memproduksi minimal 10 lagu dalam sebulan,” tambah Rahayu.

Dua Platform

Lagu ini dapat dinikmati di dua platform: YouTube dan Langit Musik. Bekerjasama dengan Langit Musik, peluncuran ini mengudara di program reguler live streaming ‘Let’s Talk About Music’.

Diketahui, ini merupakan program regulernya Langit Musik. Program ini berlangsung lama dengan pengisi musisi ternama. Sebelumnya, band Wali pernah hadir dalam program ini.

Sebelum dirilis kepada awak media, Kamis (12/9) lalu, lagu ini sudah diunggah kali pertama di YouTube pada 8 September lalu. Hingga Sabtu (14/9) ini, video tersebut telah dinikmati lebih dari 571 ribu viewers.

Kehadiran Gotik selama 10 tahun terakhir, ikut memberikan ruang bagi pendatang biduan di Indonesia. Bagi seorang produser atau label, ini memberikan warna baru atas beragam penyanyi dangdut di Indonesia.

“Zaskia Gotik, saat ini sudah menjadi sosok artis dancedhut papan atas. Dia juga barometer generasi dancedhut masa kini. Kami selalu men-support agar (Gotik) tetap di atas (sukses),” tukas Rahayu.

Insting

Bagi Rahayu, kemunculan Zaskia Gotik–dan musisi lainnya di Nagaswara–tidak lepas dari instingnya sebagai produser. Bagi Rahayu, insting datang secara tidak terduga. “Ini kiat agar si penyanyi bisa sukses di pasaran secara spontan. Mungkin ini yang dikatakan fenomenal,” tutupnya.

Sebelumnya, Gotik telah menelurkan single Cukup 1 Menit (2013), Gotik (2014), Tarik Selimut (2014), Bang Jono (2014), 1.000 Alasan (2014), hingga album The Best of Zaskia Gotik (2016).

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi