Nalar.ID

Cetak Rekor Kontribusi Negara, Ini Total Setoran Pertamina

Nalar.ID, Jakarta – Pertamina terus menunjukan kontribusi nyata bagi pembangunan Indonesia. Setelah pada 2018 membukukan setoran pajak dan dividen terbesar dalam sejarah Pertamina, yakni Rp120,8 triliun, kini Pertamina kembali mencetak rekor terbaru setoran pajak dan dividen yang menembus Rp136,6 triliun tahun 2019.

VP Corporate Comunication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan setoran ini meningkat sekitar 13% ketimbang periode sebelumnya sebesar Rp120,8 triliun.

“Nilai itu adalah keseluruhan kontribusi pembayaran pajak-pajak 2019 dan dividen Pertamina Grup hasil laba tahun buku 2018 yang dibayarkan 2019. Dari jumlah itu, Rp128,6 triliun adalah pajak dan Rp 8,0 triliun berupa dividen,” katanya, kepada Nalar.ID.

Kontribusi Bangsa

Adapun, jumlah itu belum termasuk kontribusi dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kegiatan hulu migas dan geothermal Rp43,7 triliun dan signature bonus Rp1,2 triliun seiring perolehan wilayah kerja baru di anak perusahaan hulu migas Pertamina. Sehingga total kontribusi Pertamina ke negara sepanjang 2019 mencapai Rp 181,5 triliun.

“Pertamina semakin mengukuhkan tekad menjalankan peran sebagai BUMN. Serta berkontribusi bagi bangsa dengan memperkuat ketahanan energi nasional, ketahanan ekonomi negara, memperkuat akses pelayanan hingga kontribusi positif untuk negara,” tambahnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi