Nalar.ID

Covid-19 Picu Dampak Cukup Besar IKM

Nalar.ID, Jakarta – Berbagai langkah strategis sudah disiapkan pemerintah agar sektor industri kecil menengah (IKM) dapat menjalankan usahanya dengan baik, sehingga masih memberikan kontribusi signifikan untuk perekonomian nasional.

Salah satu upaya pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian adalah melakukan realokasi anggaran di seluruh satuan kerja.

“Kemudian ini ditujukan untuk IKM. Soalnya IKM menjadi sektor industri yang terkena dampak cukup besar akibat Covid-19,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dikutip dari situs Kemenperin, Minggu (12/4/2020).

Selain itu pemerintah juga memberikan stimulus bagi sektor industri melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020. Melalui Perppu ini, pemerintah menganggarkan Rp150 triliun untuk pemulihan ekonomi.

“Nantinya, ketika Covid-19 ini berakhir, IKM akan menjadi sektor industri yang bisa rebound dengan lebih cepat,” tambah Menperin.

Selain stimulus tersebut, pemerintah juga akan menganggarkan Rp6,1 triliun untuk disalurkan melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR). Skema ini telah disampaikan Kemenperin dalam rapat koordinasi terbatas agar alokasi KUR untuk IKM dapat diperbesar.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

 

 

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi