Nalar.ID

Desainer Anna Mariana: Pandemi Pukul Sektor Usaha hingga Setop Kegiatan Sosial

Nalar.ID, Jakarta – Bagi desainer Anna Mariana, ada nuansa berbeda di momen Ramadan 2021 kali ini. Diakuinya, ramadan tahun lalu tidak jauh berbeda dengan tahun ini. Apa perbedannya?

“Karena puasa tahun lalu dan saat ini sama-sama masih kondisi Covid-19,” kata Anna Mariana, dihubungi Nalar.ID, belum lama ini.

Kendati demikian, ia bersyukur Allah SWT memberi karunia kesehatan yang baik bersama keluarga, sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Lalu bisa kumpul keluarga, ibadah shalat taraweh berjamaah di rumah, bisa beraktifitas meski harus menjalani prokes ketat demi keamanan bersama. 

Namun, untuk kegiatan usaha, menurut Anna, berdampak sulit dan berat sekali secara ekonomi di tengah kondisi pandemi ini.

“Yang biasanya melakukan dagang mengandalkan ekspor atau antardaerah, saat ini terpaksa harus pending semua. Produksi dan kegiatan-kegiatan lain tidak bisa berjalan normal dalam situasi pandemi. Tentu saja, dampak pandemi ini sangat dahsyat bagi Anna. Terutama dampak ekonomi masyarakat luas,” tambahnya. 


Anna pun merasa. Sebab, di tahun ini tidak bisa berbagi pada sesama. Biasanya, saban tahun ia selalu berbagi melalui kegiatan sosial. Terutama di bulan ramadan. 

Lalu, bagaimana seorang Anna Mariana menjalani ibadah puasa ramadan di tengah pandemi?

Menurutnya,ibadah puasa kali ini berbeda dengan kondisi normal. Sebelumnya bisa ibadah di masjid, bisa kumpul buka puasa dan ibadah shalat bersama anak-anak yatim dan dhuafa di rumah.

“Bisa menghadiri undangan-undangan buka puasa bersama keluarga dan teman-teman, hingga sahabat di luar. Sebelum pandemi, tidak bisa kumpul-kumpul. Kalau rindu sahabat, keluarga, sementara lewat video call. Ini cara paling aman. Shalat Eid juga bisa dari rumah, kumpul keluarga-keluarga inti,” tutupnya. 

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi