Nalar.ID

Didaulat ‘Wanita Panutan 2021’ dari Menteri PPPA, Siapa Uci Flowdea?

Nalar.ID, Surabaya – Ada yang special di tahun 2021 bagi socialpreneur asal Surabaya, Jawa Timur, Uci Flowdea. Pasalnya, tahun ini, Uci terpilih menjadi Wanita Panutan 2021 versi Majalah Registry dan Yayasan Duta Indonesia Maju.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, pada Kamis, 28 Oktober 2021. Pada penghargaan tersebut, Uci juga bersanding dengan 11 orang perempuan lainnya yang terpilih menjadi Wanita Panutan 2021.

Uci mengungkapkan rasa terima kasih dan ucapan syukurnya dapat terpilih menjadi salah satu dari sekian banyak wanita yang terpilih sebagai Wanita Panutan 2021 ini. Uci, atau akrab disapa Queen ini bercerita awal dirinya meraih penghargaan Wanita Panutan 2021.

“Awalnya, saya dihubungi pihak Yayasan Duta Indonesia Maju. Diwakili oleh Majalah Registry. Lalu, saya diminta kirim CV dan portfolio tentang kegiatan sosial saya di masyarakat. Setelah itu baru diumumkan kalau saya terpilih,” kata Uci, kepada Nalar.ID.

Kemudian, dari ratusan kandidat wanita seluruh pelosok Nusantara yang berkarya, terpilihlah 12 orang di kategori masing-masing.

Apa beban dan tantangan usai meraih penghargaan ini? “Nggak ada, yang pasti lebih menjaga kepercayan dan ingin lebih lagi melayani orang sekitar saya,” jawabnya.

Uci Flowdea bersama penerima penghargaan ‘Wanita Panutan 2021’. NALAR/Dok.pri

Usai penyematan penghargaan ini, Uci berharap wanita Indonesia masa kini lebih bisa mandiri dan membawa impact positive untuk sekitar.

“Menjadi panutan atau inspirasi, sebenarnya nggak perlu muluk-muluk. Dengan menjadi pribadi yang baik dan berbagi kepada orang sekitar saja sudah lebih dari cukup dan bertanggung jawab kepada diri sendiri,” jelasnya.

Ketika disinggung, sampai kapan akan melakukan aksi-aksi sosial dan kemanusiaan, Uci menjawab, “Saya semampu saya dan doakan, ya saya selalu mampu.”

Selain berbisnis dan hobi menyanyi, Uci juga dikenal sebagai sosok yang kerap berbagi kepada sesama. Ia merancang sendiri program ‘Selasa Berkah’ untuk berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.

Di luar ini, Uci Flowdea merupakan perempuan yang berprofesi sebagai pengusaha kayu. Bisnis kayunya dimulai sejak tahun 2003. Uci mengungkapkan kisah perjalanan bisnisnya hingga menjadi seperti saat ini bukan sebuah hal yang mudah.

Terlebih, bisnis ini didominasi oleh kaum pria. Sebagai single mom, ia juga menyadari tantangan besar saat akan memulai bisnisnya. Awalnya ia bekerja untuk orang lain yang juga menggeluti bisnis kayu.

Bermodal pengetahuan yang dimiliki, Uci nekat banting setir memulai bisnisnya sendiri di bidang ekspor kayu.

Adapun, selain berprofesi sebagai pengusaha kayu, Uci juga kerap menyanyi untuk pelayanan gereja. Ia bahkan beberapa kali merilis album lagu-lagu rohani. Salah satunya, pernah berkolaborasi dengan Delon Thamrin, eks Indonesian Idol, sebagai vocal coach.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi