Nalar.ID

Digempur Corona, Hotel Ini Kokoh Bertahan

Nalar.ID, Jakarta – Virus Corona (Covid-19) membawa dampak besar terhadap industri pariwisata Tanah Air. Terutama penurunan jumlah pengunjung di sejumlah hotel.

Bahkan lebih dari 1.500 hotel di Indonesia terpaksa tutup guna mengurangi beban biaya operasional. Sebabnya, tak ada pemasukan pengunjung.

Kini, ada salah satu pebisnis hotel yang masih mampu bertahan di tengah gempuran pandemi ini, yakni hotel dengan konsep kamar berbentuk kapsul. Namanya Bobobox Indonesia.

Walau beberapa hotel memilih tutup, namun operasional hotel kapsul ini masih buka. CEO dan Founder Bobobox Indonesia, Indra Gunawan, dalam jumpa pers virtual, Jumat (10/4/2020) mengatakan hingga kini, hotelnya masih beroperasi di seluruh cabang di Indonesia.

“Terutama yang berlokasi di Jakarta, masih ada pengunjung dengan tingkat okupansi sampai 50 persen,” kata Indra.

Okupansi 40-50 Persen

Sementara itu, hotel lainnya, berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tingkat okupansinya telah berada di bawah 9 persen. Namun beberapa site Bobobox Indonesia, terutama di Jakarta masih masih memperoleh okupansi 40-50 persen.

“Jadi masih bisa sustainable,” tambahnya.

Walau demikian, ada sejumlah cabang Bobobox Indonesia di daerah wisata mengalami penurunan okupansi yang cukup signifikan.

Indra Gunawan tak memungkiri, pandemi Covid-19 ini berefek tak hanya terhadap bisnisnya, tapi untuk semua bisnis industri perhotelan di Indonesia.

Kendati membanggakan dengan perolehan angka okupansi, Indra menyatakan pihaknya tetap mengawal ketat protokol pencegahan wabah Covid-19 di semua cabangnya.

“Sampai sekarang (Bobobox Indonesia) masih beroperasi. Sekaligus sambil kami monitor secara ketat perkembangan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi