Nalar.ID

Diskon Toko Online Picu Orang Konsumtif Jelang Akhir Tahun

Jakarta, Nalar.ID – Menjelang akhir tahun merupakan momen masyarakat belanja besar-besaran. Terlebih, tepat dengan perayaan Natal dan Tahun Baru, hingga keluarnya bonus kantor.

Tak heran, para pengusaha ritel menyajikan program diskon menarik. Tak terkecuali situs online shopping atau toko online. Belanja online menjadi pilihan utama masyarakat beberapa tahun terakhir untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Selain menghemat waktu, belanja lewat dunia maya juga mengikis waktu dan tenaga, dengan harga jual kompetitif. Terlebih jumlah pengguna smartphone terus bertambah. Ini seiring dengan peningkatan jumlah pengakses toko online dari web atau aplikasi.

Seperti dikutip dari iprice.co.id, Senin (17/12), perilaku konsumen online di Tanah Air dengan total transaksi belanja di dunia maya tahun 2017 mencapai Rp75 triliun.

“Angka fantastis ini baru dari sekitar 24,7 juta konsumen walau angka pengguna internet di Indonesia menembus 132,7 juta orang awal 2017,” tulis, sumber di laman tersebut, seperti dilansir Nalar.ID.

Tercatat, rata-rata jumlah pengeluaran masyarakat saat belanja online mencapai 36 dolar AS, atau Rp481 ribu. Ini bisa meningkat pada momen-momen tertentu, seperti akhir tahun.

Kenyataan ini yang membuat beberapa e-commerce menggelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) setiap 12 Desember. Tanggal tersebut biasa disebut sebagai pesta belanja online terbesar.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi