Nalar.ID

Dorong Industri Otomotif Orientasi Ekspor

Nalar.ID, Jakarta – Presiden Jokowi resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023 lalu. Kepala Negara mendorong industri otomotif di Tanah Air lebih berorientasi pada ekspor daripada menjual produknya di dalam negeri.

“Supaya tidak macet, saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi pada ekspor,” ucap Presiden.

Katanya, industri otomotif Tanah Air memiliki prospek sangat baik dan tumbuh siginifikan setiap tahun. Berdasarkan data, penjualan mobil tahun 2022 mencapai angka 1.048.000 unit, sedangkan penjualan motor menccapai angka 5.221.000 unit.

“Akibatnya, sekarang macet di mana-mana karena penjualannya mencapai angka mobil 1.048.000 dan kendaraan bermotor 5.221.000. Angka yang sangat besar sekali,” jelasnya.

Sedangkan untuk ekspor, Presiden mengapresiasi industri otomotif di Indonesia yang berhasil meningkatkan ekspor hingga 100 persen. Potensi besar itu harus dimanfaatkan industri otomotif Tanah Air untuk bersaing dengan negara lain.

“Tapi, kita masih kalah dengan Thailand, sehingga mendorong lagi agar ekspornya makin tinggi dan naik setiap tahun,” jelasnya.

Editor: Alamsyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi