Nalar.ID

Dorong Startup Jadi Akselerator Pertumbuhan Industri

Nalar.ID, Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus bertekad mengantarkan startup Indonesia unjuk kemampuan dan go global. Kemenperin meyakini, kemitraan antara industri dengan startup bisa jadi salah satu solusi membantu transformasi teknologi industri.

Terkait momen tersebut, pada 2021, Kemenperin menggelar Program Startup4industry 2021 bertajuk “Quick Adoption, Lasting Growth: Adopsi Teknologi Dengan Cepat Untuk Terus Bertumbuh”.

“Saat ini kita berada di era digitalisasi yang terakselerasi dengan cepat. Oleh karena itu, pelaku industri harus mulai bertransformasi dengan mengadopsi teknologi,” ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan tertulis diterima Nalar.ID.

Program itu kembali dilaksanakan sebagai strategi transformasi industri jadi lebih modern dengan memanfaatkan solusi teknologi dari tech startup Indonesia. Menurut Menperin, kualitas program Startup4industry telah mampu bersaing. Terbukti, sebanyak 23 peserta lolos seleksi dan akan tampil di pameran teknologi terbesar di dunia, yaitu Hannover Messe 2021 pada 12-16 April 2021.

Di ajang itu, Indonesia menjadi partner country untuk menunjukkan transformasi ekonomi Indonesia dan keunggulan sektor industri dalam negeri melalui Making Indonesia 4.0.

Sesuai tagline Hannover Messe 2021, yaitu connect to accelerate, kompetisi Startup4industry tahun ini mengambil tema ‘Quick Adoption, Lasting Growth’. Tujuannya, mendorong adopsi teknologi dengan cepat sehingga mendukung pertumbuhan berkelanjutan.

“Harapannya, semakin banyak startup yang bisa membantu industri bertransformasi dengan cepat sehingga lebih unggul dan berdaya saing,” tegasnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi