Nalar.ID

DPR Ingin Pemerintah Tegas Atur Pemberian THR Ojol

Nalar.ID, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah tegas dan adil mengatur pemberian Tunjangan Hari Raya (THR)  ke pengemudi ojek online (ojol) oleh perusahaan transportasi daring.

Diakuinya, walau pengemudi sifatnya adalah mitra, tapi sumbangsih dan kontribusi mereka tidak sedikit dalam memberikan keuntungan pada perusahaan. 

“Pemerintah harus bersikap tegas dan adil membuat kebijakan. Lakukan upaya yang jelas agar pengemudi ojol menerima THR. Jangan sampai rasa keadilan ini mati karena di saat perusahaan dapat untung, tapi pengemudinya buntung,” kata Netty dalam keterangan resmi, Rabu (27/4/2024). 

Diakui Netty, para pengemudi ojol itu pergi pagi pulang petang, bahkan kadang sampai malam. “Jam kerja mereka jauh lebih panjang dari pada karyawan di perusahaan tersebut. Kalau tidak ada pengemudi, apakah perusahaan bisa jalan?,” tambahnya.

Pengemudi ojol, lanjut Netty, tentu memiliki keluarga dan anak-anak yang mengharapkan THR guna memenuhi kebutuhan hari raya. Maka itu, Netty meminta pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan para pekerja informal, termasuk driver ojek online, dengan mewajibkan perusahaan memberikan THR.

“Pemerintah harus menetapkan aturan jelas dan tegas terkait kewajiban perusahaan ojek online dalam memberi THR ke para pengemudi agar tercipta keadilan sosial di sektor ini,” tutupnya.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi