Nalar.ID

Duh, Ada 127 Aduan Masyarakat soal Belanja Online

Nalar.ID, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengantisipasi pelanggaran kegiatan perdagangan daring.

Antara lain dengan memanggil operator niaga elektronik untuk mengikuti aturan dan menguatkan perlindungan konsumen.

“Sehingga tidak ada pelanggaran dalam kegiatan perdagangan,” kata Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Veri Anggrijono, dikutip dari laman Kemendag, Minggu (26/4/2020).

Tindak Tegas

Veri menegaskan, setiap pelaku usaha yang tidak taat aturan bakal ditindak tegas. “Penerapan sanksi kepada pedagang mengacu UU Perlindungan Konsumen No.8 Tahun 1999 dan UU Perdagangan No.7 tahun 2014,” tukas Veri.

Selain melakukan pengawasan barang dalam perdagangan daring, lanjutnya, Kemendag juga menerima 127 pengaduan terkait niaga elektronik, dari 2018 – 2020.

Rincianyannya, tahun 2018, Kemendag menerima 44 jumlah pengaduan. Tahun 2019 ada 76 pengaduan, dan 2020 sebanyak 7 pengaduan.

Disebutkan, pengaduan niaga elektronik berupa pembelian barang yang tak sesuai dengan perjanjian (barang yang datang beda dengan yang ditampilkan di iklan); barang yang dibeli tak datang (belum diterima konsumen); barang yang sampai rusak/tak bisa digunakan; pembatalan sepihak oleh pelaku usaha; waktu kedatangan barang tak sesuai yang dijanjikan; pengembalian dana (refund) sangat lama; dan terjadi penipuan pada sistem loka pasar yang menyebabkan kerugian pada konsumen.

Hak Konsumen

Kata Veri, penyelesaian pengaduan yang sudah dilakukan meliputi penggantian barang pelaku usaha dan atau mengembalikan dana secara tunai.

“Berbagai upaya kami lakukan untuk melindungi konsumen dalam perdagangan daring ini. Seperti melalui penyebarluasan iklan layanan masyarakat tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbelanja daring. Lalu edukasi terkait hak-hak konsumen, seperti gelar wicara dan kegiatan penyelesaian pengaduan,” jelasnya.

Konsumen dapat mengadu untuk permasalahan niaga elektronik melalui WhatsApp: 085311111010, surel: pengaduan.konsumen@kemendag.go.id, hotline: 0213441839, situs www.siswaspk.kemendag.go.id, atau datang langsung.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi