Nalar.ID

Dukungan Pelari Indonesia di Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Nalar.ID – Lembaga kesehatan global Vital Strategies memberikan selamat ke para pelari, pejalan kaki, dan pegiat kesehatan Indonesia. Mereka berhasil menggelar lari virtual Lungs on The Run pada perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 31 Mei lalu.

Dalam siaran tertulis yang diterima Nalar.ID, pencapaian kegiatan ini meliputi, penjualan tiket tercepat, target 30 juta langkah dalam 20 hari dari target awal 30 hari. Serta menjangkau lebih dari 3 juta orang melalui media sosial.

Lungs on the Run dikembangkan guna promosi gaya hidup sehat, usaha berhenti merokok, dan dukungan peraturan kawasan tanpa rokok.

Pegiat kesehatan bekerja sama dengan 99 Virtual Race, IndoRunners, muralis, dan pemerintah daerah di lima kota. Diantaranya, Jakarta, Bogor, Bandung, Denpasar, dan Surabaya. Adapun, peserta mendaftar secara online. Mereka komitmen menempuh jarak lari sejauh 50 kilometer pada 1 sampai 30 Mei dalam acara publik di 5 kota.

Lari 50 Kilometer

Para peserta menggunakan tagar #LungsOnTheRun untuk berbagi cerita, testimoni, dan tips berhenti merokok. Semua peserta yang berhasil menyelesaikan 50 kilometer akan dapat medali bentuk paru-paru.

Berlari atau berjalan sejauh 50 kilometer mungkin hal mudah bagi individu yang aktif dalam keadaan normal. Namun kegiatan ini lebih menantang, sebab berlangsung selama bulan ramadan.

Para pejabat tinggi tampak berpartisipasi pada kegiatan ini. Walikota Bogor, Bima Arya, resmi meluncurkan mural ‘Blow Bubbles Not Smoke’ di Kota Bogor. Ia berlari bersama lebih dari 40 pelari.

Di Denpasar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Luh Putu Sri Armini, menyelesaikan sesi lari pagi yang digelar pada car free day di Renon. Theresia Sandra Diah Ratih, Kepala Subdirektorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi Kemenkes RI mengatakan, misi pemerintah adalah menciptakan Indonesia lebih sehat.

Gerakan Germas

“Gaya hidup sehat dan berhenti merokok bagian dari program pemerintah, yaitu Germas (gerakan masyarakat hidup sehat),” kata Theresia.

Sementara, CEO 99 Virtual Race, Stevie Go menuturkan dengan event ini, ingin membawa komunitas kesehatan yang banyak ditemui di dunia maya untuk turun langsung ke jalan dan berlari.

Senada dengan Stevie, Yomi Wardhana, Co-Founder IndoRunners mengatakan, sebagai komunitas lari terbesar di Indonesia, kelompok ini mengundang seluruh orang untuk bergabung mewujudkan Indonesia lebih sehat.

“Saat ini, lari adalah tren menarik bagi kaum muda. Gaya ini dikenal sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Ketika berlari, tubuh meningkatkan produksi endorphin. Ini membuat lebih bahagia,” tukas Stevie.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi