Nalar.ID

Erros Djarot: Tjoet Nja’ Dhien Penting untuk Milenial

Nalar.ID, Jakarta – Seberapa penting film Tjoet Nja’ Dhien untuk generasi milenial? Seberapa dekat isu yang dikandung dalam film yang pernah meraih delapan Piala Citra di FFI 1988 ini kepada penonton sekarang? Sampai akhirnya film ini diputar kembali.

“Jawabnya, agar generasi milenial memahami sejarah dan tahu siapa kita. Dengan mengenal sejarah sendiri, selain tahu siapa kita, milenial bisa menjelaskan ke dunia siapa kita sebenarnya,” kata Erros Djarot, sutradara Tjoet Nya’ Dhien, belum lama ini di Jakarta.

Lewat film ini, Erros pun menyabet Sutradara dan Penulis Skenario Terbaik dalam FFI 1988. Kini, film Tjoet Nja’ Dhien usai direstorasi Belanda, diputar kembali mulai Kamis 20 Mei 2021. Tepat di hari Kebangkitan Nasional.

Menurutnya, film kolosal ini bukan sekadar menjadi film yang punya sejarah panjang, tapi juga mengabarkan kepada penonton masa kini.

Pasalnya, lanjut Erros, banyak cerita di film ini yang masih terkait oleh persoalan saat ini. Bahkan dengan persoalan kemanusian di generasi mana pun, yaitu kesetiaan dan pengkianatan. Lalu, pengorbanan dan perjuangan, juga cinta Tanah Air.

Meski sebagai awalan hanya diputar di lima bioskop di wilayah Jakarta, seperti Pondok Indah Mall 1, Plaza Senayan, Trans Studio Mall Cibubur, Blok M Square, dan Bekasi, Erros berharap publik dan generasi milenial berbondong menyaksikan film ini.

Jika sambutan penonton bagus, film ini akan diputar di sejumlah kota lainn seperti Surabaya, Semarang, Medan, Makassar dan beberapa kota lain.

Penulis: Radinka Ezar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi