Nalar.ID

Evaluasi Sistem Akuntabilitas dan Zona Integritas Tetap Berjalan

Nalar.ID, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan evaluasi pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Zona Integritas (ZI) akan tetap berjalan tahun ini.

Agar proses evaluasi dapat berjalan dengan maksimal selama pandemi Covid-19, Kementerian PANRB telah menyiapkan beberapa langkah strategis.

“Evaluasi Zona Integritas maupun SAKIP, sama sekali tak ada perubahan dari tahun sebelumnya. Mulai dari peng-input-an hingga survei akan tetap dilaksanakan,” kata Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Didid Noordiatmoko saat mengisi diskusi dan sosialisasi online (Disko), Senin (4/5/2020).

Metode Survei

Hal mendasar yang berubah dari evaluasi itu ialah metodenya. Bila sebelumnya evaluasi banyak dilakukan dengan pertemuan tatap muka dan kunjungan langsung ke instansi yang bersangkutan, tahun ini penyelenggaraan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti video conference.

Didid menyampaikan, evaluasi ZI paling cepat dilaksanakan akhir Juli atau awal Agustus. Sementara, tahap survei ZI akan dilaksanakan beriringan hingga akhir masa evaluasi. Pada tahap survei, Kementerian PANRB akan kembali menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) dengan memaksimalkan metode survei online.

Pra-evaluasi

Tahun 2019, metode survei online sudah dilakukan, namun hasilnya belum maksimal karena kendala waktu. Kendala itu membuat banyak unit kerja yang di evaluasi tak mampu memenuhi batas kuota minimum responden sebanyak 30 orang.

“Tahun ini survei online akan dilakukan dengan rentang waktu yang lebih panjang, sekitar empat bulan, agar batas minimum responden survei setiap unit dapat terpenuhi,” imbuhnya.

Tidak jauh berbeda dengan evaluasi ZI, Kementerian PANRB juga telah menjadwalkan kegiatan pra-evaluasi SAKIP pada Juni mendatang.

Sementara evaluasi SAKIP sesungguhnya baru akan digelar pada Juli 2020. Evaluasi SAKIP 2020 juga akan lebih banyak dilakukan secara daring.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi