Nalar.ID

Fakta Indonesian Television Awards 2023: 2 Kategori Baru dari 15 Kategori Penghargaan

Nalar.ID, JAKARTA – Ajang penghargaan terbesar dan paling prestisius Indonesian Television Awards (ITA), kembali hadir tahun ini. Malam puncak ITA 2023 dihelat 25 September 2023 mendatang, secara langsung oleh RCTI dan GTV dari Studio RCTI+ di MNC Studios, Jakarta, mulai pukul 21.30 WIB. Lalu, esok hari, yakni 26 September 2023, digelar Concert Celebration ITA 2023 mulai pukul 22.00 WIB.

“Hadirnya ITA dari tahun ke tahun, selalu beriringan dengan perkembangan industri televisi di Indonesia. Indonesian Television Awards 2023 menghadirkan dua kategori penghargaan baru sebagai bentuk apresiasi terhadap program televisi dan insan pertelevisian di Indonesia yang telah berdampak positif bagi masyarakat melalui program atau karya yang mereka buat,” ujar Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI, kepada Nalar.ID, dalam jumpa pers, Senin (28/8/2023).

Diketahui, ITA 2023 adalah gelaran ke-8, sejak diselenggarakan kali pertama tahun 2016. Melihat perkembangan program televisi yang semakin variatif dan inovatif, membuat ITA 2023 menghadirkan 15 kategori penghargaan. Sebanyak 2 diantaranya kategori baru, yaitu Kategori Pendatang Baru Televisi Terpopuler serta Kategori Program Kompetisi Olahraga Terpopuler. Ke-15 kategori penghargaan itu, terbagi 9 kategori program televisi, 5 kategori individu, dan 1 kategori spesial.

Seluruh kategori penghargaan dalam ITA 2023 tak hanya berdasarkan genre program, namun slot tayang program televisi dan pelaku industri televisi di Indonesia. Untuk penentuan nominasi masing-masing kategori bukan berdasarkan dari rating, tapi berdasarkan survei top of mind pemirsa terkait program televisi selama periode tayang Agustus 2022-Juli 2023. Survei dilakukan di 28 kota dengan jumlah sample 1.500 responden oleh lembaga independent Roy Morgan Research.

“Survei yang kita lakukan dengan mendatangi rumah-rumah pemirsa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program yang paling terpopuler untuk masing-masing kategori. Dari survei di 28 kota, keluar nama-nama nominasi dari masing-masing kategori di ITA 2023,” kata Ira Soekirman, Director Roy Morgan Research.  

Adapun, pemirsa televisi Indonesia berperan sangat penting untuk menentukan penerima penghargaan “TERPOPULER” di ajang ITA 2023. Di mana, pemirsa dapat voting sosial media (Instagram dan Facebook) ITA dan melalui aplikasi RCTI+. Perhitungan hasil voting sosial media dilakukan lembaga independen Provetic. Verifikasi terhadap hasil voting dilakukan oleh auditor independen.

“Sekarang, pengguna media sosial, khususnya di Indonesia meningkat cukup pesat. Sementara, RCTI yang merupakan televisi swasta pertama di Indonesia, sudah beberapa kali kolaborasi antara televisi dengan media sosial, seperti program ajang penghargaan ITA 2023. Maka, dari ajang ITA, dapat dilihat bahwa televisi dan media sosial mampu berjalan beriringan serta saling mendukung,” kata Iwan Setyawan, Direktur Utama Provetic.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi