Nalar.ID

FYI! Layanan Imigrasi Ada di Hampir Seluruh MPP

Nalar.ID, Jakarta – Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) di berbagai daerah di Indonesia, mendapat dukungan penuh dari Kementerian Hukum dan HAM. Dukungan itu terbukti dari layanan imigrasi ada di hampir seluruh MPP.

Layanan pembuatan dan perpanjangan paspor, hingga Administrasi Hukum Umum (AHU) tersebar di beberapa MPP. Hal ini mempermudah masyarakat yang butuh layanan imigrasi tersebut. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan pihaknya memberi perhatian penuh terhadap upaya perbaikan layanan publik melalui MPP.

“Jika ingin maju, para bupati dan wali kota, mau tak mau, suka tidak suka MPP ini menjadi hal yang penting kita lakukan untuk mempermudah pelayanan publik pada masyarakat,” katanya dalam Penandatanganan Komitmen Penyelenggaraan MPP tahun 2020, di Jakarta, awal Februari lalu.

Dukungan itu sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mempermudah pelayanan masyarakat, termasuk investasi. Dihadapan 38 bupati dan wali kota yang menandatangi komitmen penyelenggaraan MPP, Menteri Yasona meminta para kepala daerah menghadirkan pola pikir ‘kalau dapat dipermudah kenapa harus dipersulit’.

Selain itu para kepala daerah, diharapkan dapat memiliki komitmen memberi layanan publik optimal. Jika komitmen dimiliki seluruh kepala daerah di Indonesia, negara ini bisa bangkit dan masyarakat memiliki rasa percaya terhadap pemimpin didaerahnya masing masing.

Kemudahan layanan juga harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi. Oleh karena itu, para bupati dan wali kota dituntut memperbaiki SDM.

Terlebih pada sektor penguasaan teknologi informasi. Seperti yang dilakukan instansinya, yakni mencanangkan revolusi digital dengan tujuan memberi kemudahan pelayanan publik.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi