Nalar.ID

Gaet Swing dan Undecided Voters, Siasat Lain Capres-Cawapres

Jakarta, Nalar.ID – Kuatnya pemilih loyal dan fanatik membuat elektabilitas kedua kandidat capres-cawapres RI mengalami stagnasi. Ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya, Selasa (22/1).

Data ini ia sampaikan melalui hasil survei terbaru Charta Politica, pada 22 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019. Hasil survei menunjukkan, elektabilitas Jokowi-Ma’aruf Amin (53,2 persen), dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (34,1 persen).

Sementara, Oktober 2018, tingkat keterpilihan Jokowi – Ma’ruf 53,2 persen. Kemudian, Prabowo – Sandiaga 35,5 persen. Artinya, kata Yunarto, tingkat kemantapan pemilih loyal dua kandidat tersebut cukup besar. “Pemilih sudah cenderung fanatik dan sulit diubah pilihannya,” ucapnya, dihubungi Minggu (20/1).

Adapun, lanjutnya, tingkat kemantapan pemilih loyal Jokowi – Ma’ruf 80,9 persen. Sedangkan Prabowo – Sandi 79,6 persen.

“Saya memprediksi, para pemilih loyal ini tak akan mengubah pilihan. Nantinya, kedua kandidat bisa fokus pada swing voters dan undecided voters,” imbuhnya.

Artinya, besarnya jumlah pemilih loyal, fenomena swing dan undecided voters, harus direbut kedua kandidat. Yunarto merinci, 14,6 persen masuk swing voters. Sedangkan 14,1 persen pada undecided voters.

Sebab itu, sambung Yunarto, kedua kandidat harus memikirkan strategi baru merebut jumlah kedua jenis pemilih itu.

Kata Yunarto, sulit hanya bergantung melalui debat. Harus ada penetrasi lain dari para kandidat. Seperti sistem pintu ke pintu (door to door). Serta menggunakan caleg (calon legislatif) yang punya daya dan kekuatan penetrasi tinggi di wilayah daerah-daerahnya.

Survei ini ini melibatkan 2.000 responden. Metode menggunakan wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur. Pihaknya mengklaim, margin of error survei sebesar 2,19 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi