Nalar.ID

Geliat Ajang Sport Tourism Menuju Kearifan Lokal

Nalar.ID, Magelang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berpartisipasi di sport tourism ‘MesaStila 100’ di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menparekraf Sandiaga turun di kategori lima, yakni lomba lari lintas alam. Jarak tempuh 12 kilometer. Menparekraf optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat segera bangkit. Salah satunya bisa ditunjang lewat penyelenggaraan event seperti MesaStila 100.

MesaStila 100 menawarkan pengalaman lebih bagi wisatawan untuk berolahraga melintasi keindahan potensi alam yang unik, juga kaya akan budaya serta tradisi. Dengan adanya kearifan lokal, akan menjadi pembeda bagi destinasi yang mampu menjadi pengalaman yang otentik dan unik untuk menarik para wisatawan.

“Saya mengapresiasi bahwa MesaStila 100 penyelenggaraannya di tahun ini dilaksanakan di tengah-tengah penanganan pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Kepatuhan kita terhadap protokol kesehatan sangat kita perlukan agar kita dapat segera mengakhiri pandemi ini,” kata Sandiaga Uno, belum lama ini, kepada Nalar.ID.

Tercatat, lebih dari 400 peserta mengikuti lima nomor lomba. Selain 12 kilometer, MesaStila 100 juga menghadirkan kategori lomba untuk 25k, 50k, 75k, dan 100k. Sekitar 400 peserta mengikuti lima nomor lomba. Di antaranya, 12k, 25k, 75k, dan 100k.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberi inspirasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah untuk dapat bangkit dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Sehingga pariwisata bangkit, ekonomi bangkit dan membuka lapangan kerja.

Kemenparekraf dikatakannya akan terus mendukung seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat bangkit dengan berbagai program dan dukungan.

Dalam waktu dekat, Kemenparekraf juga akan mendukung penyelenggaraan Jakarta Marathon dan Borobudur Marathon.

“Kita akan terus tingkatkan seiring dengan pariwisata era baru, yakni salah satunya pariwisata berbasis olahraga untuk dapat bisa menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi