Nalar.ID

Gen Z Tanah Air Borong Emas di APAF 2023 di Bangkok 23-25 Juni Ini

Nalar.ID, JAKARTA – Indonesia kembali menunjukkan keberhasilan di dunia seni pertunjukan. Belasan anak Indonesia berbakat berlaga di kompetisi seni pertunjukan terbesar Asia Performing Art Festival 2023 (APAF), Bangkok, pada 23-25 Juni 2023 lalu.

Di sini, Arendi bekerja sama dengan Transinex, penyelenggara dari APAF, guna memberi wadah bagi anak muda Indonesia yang ingin menyalurkan bakat di dunia seni pertunjukan.

APAF berkeinginan dan bertujuan agar seluruh peserta memiliki keselarasan harmony, peace, dan menjalin persahabatan antar negara. Tentu, melalui pertukaran budaya yang beragam, lokakarya, dan kompetisi seni pertunjukan.

APAF sukses menyelenggarakan acara sejak tahun 2013 dengan peserta dari Cina, Indonesia, Korea, Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Kamboja, dan negara lainnya.

Mengikuti jejak kesuksesan 2022 di APAF di Penang, Malaysia, pada 23 November 2022, Arendi kembali membawa para Gen Z berbakat untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah Asia.

Tahun ini, sebanyak 13 peserta unggulan dari Indonesia beradu kebolehan dengan 7 negara Asia lain di APAF pada 23-25 Juni 2023 di Bangkok, Thailand.

Total partisipasan lebih dari 300 peserta. Harapannya, acara ini dapat memberikan pengalaman unik dan saling berinteraksi langsung dengan berbagai negara berbeda.

Diketahui, APAF memiliki juri yang cukup terkenal. Antara lain, sebagai berikut :

  1. So Srornos (Cambodia)
  2. Purwa Tjaraka (Indonesia)
  3. Adeline Lim (Singapore)
  4. Bin Wei Goh (Malaysia)
  5. Pham Kim Duyen (Vietnam)
  6. Gregory Aaron (American)
  7. Phakawan Nualsiri (Thailand)

APAF jadi salah satu ajang sangat bergengsi bagi para peserta di seluruh Asia Tenggara. Termasuk dari Indonesia yang jadi bagian penting di acara ini. Mereka memberikan yang terbaik dalam kompetisi ini. Dengan beberapa kategori penghargaan, yaitu Gold Distinction, Gold, Silver, dan Bronze.

Bekal Latihan

Para peserta dipersiapkan selama sebulan oleh Arendi, dengan memberi pembekalan pelatihan di bidang stage act atau vokal oleh instruktur berpengalaman. Para peserta dari Arendi yang mewakili Indonesia adalah performer berbakat dan berkualitas.

Siapa saja nama peserta dari Arendi yang membawa pulang penghargaan ke Indonesia?

Berikut daftarnya:

  1. Kaylee Cheng (Jakarta, 9 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal & 1 Gold solo dance
  2. Kayleigh Eloise Salim (Jakarta, 10 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal & 1 Gold duet vocal
  3. Evolette Alexandra Quineldy (Jakarta, 9 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal & 1 Gold duet vocal
  4. Delaney Dominique Kartono (Jakarta, 15 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal
  5. Felicia Angelia Soewandi (Jakarta, 16 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal
  6. Felicia Angelica Emmanuella (Jakarta, 11 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal
  7. Vidisa Zelda Adiguna (Jakarta, 11 Tahun) dengan perhargaan 1 Silver solo vocal
  8. Devi Nindy Sari Ramadhan (Jakarta, 30 Tahun) dengan perhargaan 1 Silver solo vocal
  9. Etenia Croft Wijaya (Jakarta, 9 Tahun) dengan perhargaan 2nd Runner Up All Champion, 1 Gold Distinction solo vocal, 1 Gold solo piano
  10. Nadhira Lathifa Adzkiya (Jakarta, 9 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal
  11. Alexander Siddharta Cung Narso (Malang, 13 Tahun) dengan perhargaan 1 Silver solo vocal
  12. Teresa Sylviliana Chianiago (Jakarta, 8 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal
  13. Nataya Angeleuis Putrialodya (Semarang, 16 Tahun) dengan perhargaan 1 Gold solo vocal

Dalam keterangannya, Cahaya Gunawan, Project Manager perwakilan Indonesia, kompetisi ini adalah ajang mempertemukan anak-anak dari berbagai negara Asia untuk berkompetisi menunjukkan bakat dan kemampuan yang diasah selama ini.

Selain berbagi dan menghormati kebudayaan satu sama lain. “Ajang ini juga bertujuan meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil dan menunjukkan kemampuan mereka di ajang internasional,” kata Cahaya Gunawan, kepada Nalar.ID, Selasa (27/6/2023).

Hal senada turut diungkap Rosana Trini, Executive Director Arendi. Pihaknya cukup optimis oleh kemampuan dan penampilan anak-anak Indonesia.

“Selain bisa jadi inspirasi bagi negara-negara Asia lain, acara ini memberi kesempatan untuk saling berinteraksi dengan sahabat-sahabat baru dan bertukar cerita budaya masing-masing negara. Serta batu loncatan untuk mengikuti tantangan kompetisi Performing Arts yang lebih besar dan mendunia,” jelasnya.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi