Nalar.ID

Gubernur Jatim Resmikan Layanan RSUD Dr. Soetomo, Apa Saja?

Nalar.ID, Jakarta – Gubernur Jawa Timur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan Ruang Isolasi Khusus (RIK) 7 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo, Jumat (20/8/2021). Ia juga meresmikan Ruang Wijaya Kusuma untuk pasien VIP, Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT) dan Obgyn Klinik.

RIK adalah ruang isolasi bagi pasien penyakit menular dan infeksius, yang secara khusus bagi pasien Covid-19. Sebelumnya, RSUD dr. Soetomo telah memiliki 6 RIK. RIK 7 ini didirikan dengan merenovasi gedung parkir berkapasitas 200-270 bed.

Dengan penambahan RIK 7, total kapasitas bed RSUD Dr. Soetomo sekitar 745 bed. “Kesiapsiagaan harus ditingkatkan. Berangkat dari pengalaman kemarin ketika lonjakan kasus eksponensial, pasien di RSUD dr. Soetomo ada yang sampai ke selasar. Kita tidak ingin seperti itu,” katanya.

Kata Khofifah, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, di Intensive Care Unit (ICU), di rumah isolasi, Rumah Sakit Darurat Covid-19 dan Rumah Observasi sudah menurun. Dia ingin semua pihak tetap siaga terkait potensi lonjakan kasus pandemi.

Direktur Utama RSUD dr. Soetomo Surabaya dr. Joni Wahyuhadi mengakui, RIK 7 punya layanan ICU dan High Care Unit (HCU) di lantai 2. Sedangkan lantai 3 dan 4 untuk loket.

“Dengan diresmikan RIK 7, daya tampung ruang rawat untuk pasien Covid-19 RSUD dr. Soetomo tambah 200 hingga 270 pasien, atau total mencapai 745 pasien,” katanya. Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah juga me-launching mobil jantung keliling.

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi