Nalar.ID

Hadir di BSD City, Ini Keunggulan Monash University

Nalar.ID, Jakarta – Sinar Mas Land melalui BSD City terus mendorong upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Hal ini diwujudnyatakan dalam partisipasi BSD City yang menjadi tuan rumah Monash University sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama di Indonesia.

Peresmian kampus tersebut berlangsung pada 14 April 2022 oleh Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia) di BSD City. Pembukaan didampingi Prof. Margaret Gardner AC (Presiden dan Wakil Rektor Monash University), Prof. Andrew MacIntrye (President Monash University Indonesia). Serta disaksikan Penny Williams (Duta Besar Australia untuk Indonesia), A. Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), dan Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land).

“Presiden Joko Widodo memiliki visi untuk banyak berkolaborasi dengan institusi global dalam menggali potensi ekonomi, riset dan kemitraan di institusi pendidikan di Indonesia. Menuju global citizenship, keberadaan Monash sebagai universitas luar negeri pertama adalah jembatan pendidikan dengan dunia internasional. Bersama kita bisa maju di panggung dunia,” kata Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim, dalam keterangan kepada awak media.

Presiden dan Wakil Rektor Monash University, Prof. Margaret Gardner AC menuturkan, kesempatan mendapat pengetahuan baru adalah visi Monash University dan pemerintah Indonesia.

“Kami harap Monash bisa belajar dan berkontribusi signifikan bagi pembangunan ekonomi di kawasan ini. Lokasi ini kami pilih dengan mempertimbangkan kedekatan dengan industri. Dengan perguruan tinggi lain, serta berada tepat di mana masyarakat tinggal, belajar, dan bekerja,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja berharap kehadiran kampus ini dapat membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk mengenyam pendidikan di salah satu institusi terbaik dunia di dalam negeri.

“Berlokasi di BSD City, Monash terkoneksi langsung dengan beragam industri yang berkantor di kawasan ini sehingga ilmu yang diterima dapat segera diterapkan secara nyata untuk mendukung kemajuan Indonesia,” sambung Michael.

Di Kampus BSD City, Monash akan fokus pada pendidikan tingkat Magister (S2) bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation dan Public Policy & Management. Monash University melalui Yayasan Monash University Indonesia akan mendukung perkembangan perguruan tinggi lokal melalui beberapa program kemitraan. Kehadiran Monash juga akan memacu perguruan tinggi nasional untuk dapat berprestasi di tingkat global.

Kehadiran Monash melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City yang telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan ternama seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, IULI serta institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc.

Para pelajar dan mahasiswa bisa menambah ilmu serta keahlian melalui pusat pendidikan non-formal seperti Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan, Binar Academy, Creative Nest, dan NXL Esports Center.

Ke depan, lulusan Monash University diharapkan dapat mengisi kebutuhan SDM di perusahaan-perusahaan yang berkantor dalam kawasan Central Business District (CBD) BSD City seperti Unilever, Traveloka, NTT, MyRepublic dan lainnya.

Diketahui, Monash University adalah institusi pendidikan tinggi, berdiri pada 1958 di Melbourne, Australia. Tahun ini, institusi pendidikan ini berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University Ranking.

Ekspansinya ke Indonesia merupakan langkah Monash untuk melebarkan sayapnya ke tingkat global, setelah membuka kampus di Malaysia, Tiongkok, dan India.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi