Nalar.ID

Hi, Job Hunter! Ini Tren Karir Baru di 2021

Nalar.ID, Jakarta – Selama tahun 2020 hingga kini, berbagai sektor bisnis dan industri mengalami perubahan besar karena pandemi. Perubahan tak hanya terjadi di bagian produksi dan penjualan namun sistem kerja karyawannya.

Dalam dunia kerja, perubahan banyak terjadi. Mulai dari cara bekerja hingga mencari kerja. Untuk Anda kamu yang baru akan lulus atau sedang cari kerja, wajib kenal tren-tren yang akan popular dan banyak digunakan di dunia kerja sepanjang tahun 2021.

Tujuannya agar kamu bisa menyiapkan strategi tepat. Baik  dalam cari kerja atau merencanakan dan mempersiapkan karir kedepan. Berikut tren karir yang diprediksi masih tetap booming di 2021, dalam berbagai sumber:

Remote Work 

Efek pandemi membuat perubahan sistem kerja lebih mengutamakan karyawan. Tujuannya agar terhindar dari serangan virus Covid-19 dan mencegah luas penularan. Metode ini telah diaplikasikan sepanjang tahun 2020. Serta mengikuti beberapa protokol kesehatan, seperti menjaga jarak di tempat kerja hingga bekerja dari rumah.

Dengan perubahan itu, terutama tren bekerja dari rumah, membuat budaya remote work atau bekerja dari mana saja kian banyak digunakan banyak perusahaan. Sebut saja Twitter, Google dan Facebook.

Di Indonesia, budaya remote work  masih kerap diartikan sebagai bekerja dari rumah. Dipastikan tetap akan dijadikan sistem bekerja banyak perusahaan guna membantu pencegahan virus di tempat kerja. Serta peraturan pembatasan sosial atau jaga jarak di banyak kota atau daerah selama pandemi belum berakhir.

Dengan pola adaptasi baru ini, bisa saja budaya remote work  semakin menjamur di Indonesia. Mengingat banyak profesi cukup menggunakan internet sebagai media utama bekerja tanpa perlu datang ke kantor.

Sulit-Ketat Sesi Interview

Kian tinggi syarat melamar kerja saat ini diiringi kian sulitnya sesi penyaringan. Selain psikotes dan tes standar lain untuk pelamar kerja, sesi interview adalah sesi paling penting dan riskan.

Dengan ketatnya syarat dan persaingan melamar pekerjaan, sesi wawancara kerja pun juga akan semakin dipersulit. Selain interview tatap muka, sesi interview online juga akan dijadikan sebagai kewajiban dari rangkaian proses penyaringan untuk karyawan baru.

Peminat di Sektor Esensial Bagi yang baru akan pilih jurusan kuliah, wajib baca poin ini. Pandemi membuat banyak orang lebih membidik sektor pekerjaan esensial seperti bidang kesehatan, pangan, dan pendidikan.

Pasalnya, sektor-sektor itu dianggap tahan banting walau negara menghadapi krisis ekonomi dan pandemi. Jadi, bagi yang bingung memilih jurusan kuliah dengan bayangan jenis profesi yang memiliki jenjang karir lebih pasti, ketiga sektor itu bisa dipertimbangkan.

Penggemar Lowongan Freelance 

Salah satu tren karir yang diprediksi paling bersinar di 2021 adalah seputar dunia freelance. Baik persaingan atau ketersediaan lowongan. Banyak orang bekerja dari rumah (remote work) akan lebih memilih menghabiskan sisa waktu luang untuk menekuni pekerjaan sampingan sebagai freelancer. 

Untuk menambah penghasilan atau transisi sebagai pekerjaan profesional utama atau tetap. Bagi yang tertarik dengan dunia freelancer, minat besar terhadap pekerjaan freelance tak cukup. Anda harus memiliki unique selling point yang membuat Anda berbeda dan lebih istimewa dibandingkan freelancer lain.

Banyak Ganti Jalan Karir Pandemi membuat banyak perusahaan terpaksa memutus hubungan kerja besar-besaran guna mengurangi defisit. Banyaknya korban PHK, akhirnya perpindahan profesi kian tinggi. Tingginya persaingan melamar pekerjaan kembali, banyak dari mereka yang terkena PHK lebih memilih menekuni pekerjaan baru. Baik itu karena urusan perut atau memiliki kesempatan menggeluti minat yang sudah lama ingin ditekuni.

Saat ini, profesi yang sedang banyak dijadikan alternatif baru oleh banyak orang yang belum dapat atau tak ingin bekerja di perusahaan lagi adalah jadi pengusaha makanan atau jasa, freelancerinfluencercontent creator dan vloger.

Jasa Penulis CV atau Resume Profesional

Pasar dunia kerja kian ketat mendorong banyak orang menyewa penulis CV atau resume profesional yang mampu mengurai keterampilan, pengalaman, dan pencapaian mereka secara baik dan profesional. Tujuannya agar kesempatan recruiter melirik CV atau resume mereka semakin besar.

Dengan lampiran CV atau resume  baik, memang benar memperbesar kesempatan seseorang untuk diundang atau diloloskan ke tahap seleksi berikut. Seperti psikotes atau interview.

Tingginya Permintaan Cover Letter Cover letter yang ditulis baik jadi faktor penting membedakan seseorang dari pesaingnya. Penulisan cover letter yang umum dan standar memiliki kemungkinan besar akan ditolak atau diabaikan perusahaan. Karena semakin tinggi persaingan, wajar para recruiter akan lebih sensitif terhadap setiap hal yang menyangkut penyaringan calon karyawan baru. Termasuk kualitas cover letter, resume, CV, dan dokumen persyaratan lain.

Pelajari Tren dan Jalan Karir dengan Matang

Jangan hanya dibaca saja namun juga dipahami. Maksudnya, agar nanti dapat diaplikasikan secara nyata. Apalagi untuk Anda yang sedang cari kerja, setiap informasi penting terkait dunia kerja. Selain itu karir sangat wajib untuk Anda ketahui dan cerna baik. Selain iut, jangan lupa pastikan mempersiapkan proses lamaran kerja dengan baik. Perbaiki CV dan update skill baru di resume lama.

Untuk fresh graduate, bisa cari referensi template CV atau resume yang baik di internet. Pilih profesi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Pelajari perusahaan yang akan Anda lamar secara teliti. Apakah perusahaaan itu bisa memberi jenjang karir yang diinginkan atau benefit yang ditawarkan sudah cocok atau tidak.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi