Nalar.ID

HUT ke-28, Ini Cara Perusahaan Pembiayaan Potensikan Wisata dan Kearifan Lokal

Jakarta, Nalar.ID – Perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), merayakan ulang tahun ke-28. Perusahaan ini mengadakan program corporate social rensponsibility (CSR) ‘Adira Finance Sahabat Lokal’.

“Sejak berdiri tahun 1990, kami komitmen berinovasi dan berkontribusi untuk  Indonesia demi  berkembang bersama ekosistem dalam menyejahterakan masyarakat melalui beragam produk jasa pembiayaan, ” kata Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, dalam jumpa pers, di Thamrin Nine, Thamrin, Jakarta, Senin (13/11).

Ini merupakan program CSR berbasis ekosistem dan masyarakat, salah satu corporate branding Adira. Program ini mendukung kemajuan pariwisata dan budaya, UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), dan pendidikan di Indonesia.

Untuk menggali dan promosi potensi pariwisata, budaya, dan kearifan lokal, di Indonesia, Adira, juga menggelar kompetisi foto dan video tema ‘Pengalaman Lokal’. Kompetisi digelar Mei hingga September 2018.

Kompetisi ini bagian dari rangkaian ‘Festival Pesona Lokal’, sejak September hingga November 2018, di Bandung, Solo Raya, Bali, Makassar, Malang, Pontianak, Medan, Palembang, dan Jakarta. “Untuk  mengajak  millenial lebih mencintai daerah dan budaya dengan menceritakan potensi dan kearifan lokal daerah dalam bentuk foto dan video,” kata Hafid.

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan 3.000  karya foto dan video dari 1.500  warganet yang diunggah  melalui Instagram dan YouTube. Nantinya, akan terpilih 16 pemenang foto dan video yang tersebar di seluruh Indonesia. Festival ini adalah program CSR gagasan Adira bersama Kementerian Pariwisata dalam bentuk karnaval budaya, lomba mural, kreasi masakan daerah, UMKM, dan pasar rakyat.

Kegiatan ini menampilkan 500 atraksi kesenian dan budaya, 200 jenis produk UMKM, dan 200 seniman mural. Melibatkan 50.000 peserta, dari masyarakat, pelajar, dan ekosistem Adira.

Komitmen Adira terhadap kemajuan UMKM dan pendidikan, terwujud dalam kolaborasi dengan UMKM di berbagai daerah  lewat bisnis Adira, yakni Kemitraan  Berdaya (KEDAY). KEDAY memberi kemudahan akses  konsumen Adira dan masyarakat untuk  mendapatkan informasi produk dan pembayaran angsuran, hingga manfaat ekonomi bagi UMKM.

Di pendidikan, Adira juga kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen untuk siswa SMK di 9 wilayah di Indonesia.

Adira juga mengembangkan Adira  Finance  Corporate  University melalui INNOCAMP. Program ini  untuk mahasiswa, dalam membuat dan mengembangkan ide  bisnis potensial. INNOCAMP berjalan selama 3 tahun dan berhasil menciptakan 50 ide bisnis dari 100 kreator dari seluruh Indonesia.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi