Nalar.ID

IMA Awards 2023: Konsistensi Suguhkan Penghargaan Perfilman Tanah Air

Nalar.ID, JAKARTA – Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards) hadir kembali tahun 2023. Ajang penghargaan tertinggi dan bergengsi bagi insan perfilman Indonesia ini akan disiarkan langsung oleh RCTI pada Selasa, 31 Oktober mendatang dari Studio RCTI+ di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta.

Tahun ini gelaran IMA Awards yang ke-17 sejak diadakan pertama kali pada 2007. IMA Awards merupakan bentuk apresiasi kepada aktor, aktris serta film terfavorit pilihan seluruh masyarakat Indonesia. Dengan demikian, maka nama-nama aktor dan aktris serta film produksi Indonesia yang terpilih sebagai nominasi, merupakan favorit masyarakat.

“Indonesian Movie Actors Awards adalah program penghargaan yang menjadi salah satu andalan RCTI. Hadirnya IMA Awards setiap tahunnya di RCTI, merupakan bentuk dukungan terhadap kreativitas serta kinerja para pelaku industri film atas karya yang telah dibuat. Harapan kami dengan hadirnya IMA Awards dapat memotivasi para insan industri perfilman Tanah Air untuk terus konsisten menghadirkan karya-karya terbaik bagi masyarakat,” ujar Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI, dalam jumpa pers secara virtual, pekan lalu, kepada Nalar.ID.

Seluruh nominasi yang masuk ke IMA Awards 2023 ditentukan berdasarkan seleksi oleh para dewan juri. Pada IMA Awards 2023, terdapat 5 orang juri yang sangat berpengalaman di industri film. Ke-enam juri adalah, Robert Ronny (Produser, Ketua Dewan Juri), Prilly Latuconsina (Aktris, Produser), Guntur Soeharjanto (Sutradara), Bene Dion (Penulis, Sutradara) dan Marcella Zalianty (Aktris, Produser).

Para nominasi yang terpilih di IMA Awards 2023 adalah nama-nama figur serta karya-karya terbaik serta terfavorit dalam kurun waktu satu tahun terakhir. IMA Awards 2023 menghadirkan 8 Kategori Terbaik. Pemenangnya terpilih berdasarkan penilaian dewan juri.

Serta 7 Kategori Terfavorit yang pemenangnya ditentukan berdasarkan pilihan masyarakat melalui voting di aplikasi RCTI+ dan media sosial IMA Awards yang mulai dibuka sejak 13-30 Oktober 2023 (pukul 23.59 WIB).

“Setiap tahun kami selalu mereview untuk menambahkan kategori dan sudah ditentukan ini kategori yang penting. IMA Awards ini sangat penting unuk kemajuan industi film kedepannya karena kita harapkan akan ada selalu talenta baru didepan layar agar terus bermunculan aktor akrtis baru agar industri kita berkembang, kalau tidak akhirnya kita akan mengalami stuck di industri kita,” ucap Robert Ronny.

Lalu, Prilly Latuconsina selaku juri merasa diskusi menjadi pembelajaran tersendiri dalam menentukan nominasi. “Susah ternyata karena banyak, dan nggak semua bisa dimasukin. Bahkan yang menurut kita bagus banget harus dipilih lagi dan di sortir lagi,” kata Prilly.

Ia menyebutkan bahwa selama diskusi penilaian menarik, terutama dalam mengetahui perspektif tiap juri dan ikut belajar dari pendapat juri-juri lainnya. Sistem voting IMA Awards 2023 menggunakan aplikasi RCTI+ dan sosial media Instagram @imaawards.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi