Nalar.ID

INAPGOC: 90 Persen Venue Asian Para Games 2018 Ramah Difabel

Nalar.ID, Solo – Selepas tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia siap menggelar pesta olahraga akbar selanjutnya. Namanya Asian Para Games 2018. Gelaran berlangsung 6 – 13 Oktober 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Event ini mengusung tema ‘Inspiring Spirit and Energy of Asia’. Jika diterjemahkan, tema itu berarti semangat menggelora dengan sebuah pergerakan memberikan energi positif ke semua sehingga menjadi inspirasi bagi umat manusia.

Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) mengumumkan, ada 18 cabang olahraga (cabor) yang akan mempertandingkan 568 event. Sebanyak 42 negara anggota Asian Paralympic Comittee (APC) sudah mengonfirmasi, akan ambil bagian dalam ajang multi event terbesar antar atlet-atet difabel se-Asia itu.

Sesuai data INAPGOC, ada 2.888 atlet berasal dari 42 negara anggota APC siap bertanding. Jumlah itu melampaui peserta Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, yang hanya 2.458 atlet.

Menurut keterangan Direktur Sport INAPGOC, Fanny Riawan, pada jumpa pers di Solo, Jawa Tengah, awal September 2018 lalu, rekor jumlah atlet pecah di Asian Para Games 2018 bakal menjadi yang terbanyak. Pihaknya menjamin, pertandingan-pertandingan di cabor ajang olahraga ini tak kalah menarik dan heroik dengan Asian Games 2018.

“Walau ada keterbatasan, mereka punya kemampuan enggak kalah menarik dengan atlet normal. Termasuk daya juang mereka merebut prestasi. Ini pertandingan layak dan menarik untuk dinikmati,” lanjutnya.

Terkait venue atau tempat bertanding, Fanny, mengatakan tak perlu kuatir. Baik yang berada di Kompleks GBK maupun di luar arena. Menurutnya, masalah field (lapangan) atau penanganan keselamatan akan menjadi fokus perhatian utama.

Ada 90 persen venue ramah kaum difabel. “Kami yakin, semua selesai saat games times. Field dan keselamatan diutamakan,” sambungnya.

Diketahui, ajang olahraga ini kali pertama digelar di Guangzhou, Cina, tahun 2010. Kemudian di Incheon, Korea Selatan, pada 2014. Terakhir, Indonesia, sebagai tuan rumah, 6 – 13 Oktober mendatang.

Berikut cabor yang dipertandingkan di Asian Para Games 2018:

  1. Panahan
  2. Para Atletik
  3. Boccia
  4. Catur
  5. Badminton
  6. Goalball
  7. Cycling Road Race dan Cycling Track
  8. Judo
  9. Para Powerlifting
  10. Lawn Bowls
  11. Renang
  12. Menembak
  13. Boling
  14. Tenis Meja
  15. Basket Kursi Roda
  16. Bola Voli Duduk
  17. Tenis Kursi Roda
  18. Anggar Kursi Roda

Penulis: Febriansyah Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi