Nalar.ID

Ini 2 Program Penting GPAN di HUT Ke-3

Nalar.IDGenerasi Penerus Anti Narkoba (GPAN), menggelar perayaan hari jadi ketiga di Jakarta, Sabtu (6/4) lalu. Dalam perayaan, hadir Ketua Umum GPAN, Brigjen Pol. (Purn) Drs. Siswandi, disertai jajarannya.

Selain Siswandi, acara ini turut dihadiri seluruh pengurus GPAN pusat hingga perwakilan dari DPD se-Indonesia. Termasuk komedian dan anggota Srimulat Polo dan Tessy, hingga sejumlah tokoh masyarakat.

Memasuki tahun ketiga kepemimpinan Siswandi, GPAN berhasil menjalankan dua program penting. Mulai dari membuat film layar lebar berjudul Tiga Pilihan Hidup (Sosialisasi tentang Narkoba), melaksanakan Undang-Undang 35 Tahun 2009 tentang Narkotika di Pasal 104 dan 105. Kemudian, mencari dan atau mengajak korban pecandu narkoba untuk rehabilitasi melalui institusi penerima wajib lapor (IPWL).

Namun, dalam menyikapi meluasnya penyalahgunaan narkoba di Tanah Air, Siswandi, mengaku prihatin. Dalam hal ini, katanya, pemerintah dinilai lemah dalam menyikapi persoalan narkoba.

Ia memperkirakan, persentase pengguna narkoba sudah sebanyak 5,9 juta jiwa. “Tapi kenapa tempat rehabilitasi (pencandu narkoba) masih banyak yang kosong. Ya, karena pemerintah kurang sosialisasi,” tuturnya, di sela acara.

Meski demikian, ia mengapresiasi langkah aparat kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang telah mengungkap penyelundupan sejumlah temuan narkoba di Indonesia. “Saya acungkan jempol untuk mereka,” tandasnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi