Nalar.ID

Ini 4 Miliarder Baru Indonesia 2018 Versi Globe Asia

Nalar.ID, Jakarta – Majalah Globe Asia, milik Lippo Group mengeluarkan daftar 150 orang terkaya di Indonesia 2018, Rabu (25/7).

Dari daftar itu, ada enam nama baru. Dari enam, empat diantaranya merupakan pemilik perusahaan kategori unicorn (sebutan bagi start-up) alias perusahaan rintisan bernilai diatas 1 miliar dollar AS, atau setara Rp 13, 5 triliun. Mereka adalah pendiri startup digital.

Siapa saja?

Ferry Unardi  – Traveloka

Pemuda 30 tahun pendiri perusahaan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel lewat daring ini masuk daftar orang terkaya di Tanah Air. Ia masuk peringkat 146. Jumlah kekayaannya mencapai US$ 145 juta atau setara Rp 2,09 triliun.

Ferry Unardi - nalar.id
Ferry Unardi, CEO Traveloka. (Foto: Istimewa)

 

William Tanuwijaya – Tokopedia

Pendiri sekaligus CEO belanja daring pengusung model bisnis marketplace kelahiran 36 tahun ini ada di peringkat 148. Kekayaan dan nilai aset-nya mencapai US$130 juta atau setara Rp1,95 triliun. Tahun 2017, ia mendapat suntikan dana dari Alibaba.

William Tanuwidjaya Tokopedia - nalar.id
William Tanuwidjaya, CEO Tokopedia (Foto: Istimewa)

 

Achmad Zaky – Bukalapak

CEO salah satu online marketplace populer di Indonesia penyedia ruang jual-beli dari konsumen ke konsumen ini berada di peringkat . Jumlah harta pria 31 tahun ini diperkirakan sebanyak US$ 100 juta atau Rp 1,5 triliun. Ia berada di peringkat 149.

achmad zaky bukalapak - nalar.id
Achmad Zaky, CEO Bukalapak. (Foto: Istimewa)

 

Nadiem Makarim – Go-Jek

Transportasi berbasis aplikasi online  terkemuka ini tengah mengembangkan sayap ke luar negeri. Ia di peringkat paling bontot dengan nilai kekayaan US$ 100 juta atau setara sekitar Rp 1,45 triliun. Ia kali pertama masuk daftar Globe Asia. Ia berhasil merangsek masuk daftar di usia relatif muda.

nadiem makarim Go-Jek - nalar.id
Nadiem Makarim, CEO Go-Jek. (Foto: Istimewa)

Globa Asia, mencatat, empat nama di atas sudah mulai mengembangkan perusahaannya. Alhasil, bisa disebut sebagai start-up unicorn dengan beragam produk yang mereka miliki masing-masing. Mulai dari konsep bentuk aplikasi hingga format e-commerce.

Penulis: Febriansyah Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi