Nalar.ID

Ini Ajang Lari untuk Melawan Kanker Payudara

Nalar.ID, Jakarta – Event lari untuk menyuarakan kepedulian terhadap kanker payudara, Indonesia Goes Pink (IGP) 2018, yang akan digelar 14 Oktober mendatang, resmi menutup pendaftaran untuk pilihan Kids Run, serta 5K, dan 10K, yang terjual habis (sold out) beberapa waktu lalu.

Pendaftaran untuk Pink Walk masih terbuka hingga 10 Oktober, dengan biaya Rp. 50.000. IGP 2018 digelar di Mall @Alam Sutera, Tangerang. Momen ini bertepatan dengan Breast Cancer Awareness Month, atau Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia yang jatuh setiap Oktober.

Madelina Mutia, salah seorang founder Yayasan LOVEPINK, sekaligus inisiator event lari tahunan ini gembira atas animo tinggi terhadap acara ini. “LOVEPINK mengucapkan terima kasih atas antusiasme para peserta yang menyuarakan kepedulian terhadap para warriors dan survivors kanker payudara,” kata Mutia, dalam keterangan tertulis diterima Nalar.ID, Selasa (9/10).

Salah satu gagasan baru IGP 2018 adalah penyelenggaraan Kids Run. Tujuannya, untuk memupuk kepedulian dan kesadaran terhadap kanker payudara kepada anak-anak sehingga mereka bisa mengingatkan ibu untuk melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis). Usai diumumkan April lalu, ternyata pendaftaran Kids Run ini cukup menarik minat peserta.

“Antusiasme ini mensinyalir bahwa kepedulian dan awareness terhadap kanker payudara tidak hanya berhenti di usia matang saja. Pengaruh anak dalam menyemangati ibu sangat penting. Kita harus terus menyuarakan pentingnya SADARI dan SADANIS sebagai bagian rutinitas cek-up kesehatan. Dengan deteksi dini, kesempatan melawan kanker payudara akan lebih tinggi,” tegasnya.

Ketua IGP Pink Run Fertina Tarasari, meyampaikan, masih ada ketersediaan tempat bagi mereka yang tertarik berpartisipasi dalam PINK WALK. “Aktivitas PINK WALK IGP kami adakan untuk memfasilitasi peserta yang sedang menjalankan pengobatan. Sambil bergembira merayakan semangat para warrior dan survivor kami yang tidak pernah dan tak mau putus asa,” imbuhnya.

Sekadar informasi, LOVEPINK, adalah organisasi dengan kegiatan yang fokus pada isu seputar kanker payudara dan kegiatan kampanye peduli kesehatan payudara.

Penulis: Veronica Cathlea Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi