Nalar.ID

Ini Cara Didik Anak Latih Berpuasa ala Ustaz

Nalar.ID – Sibuk bertausiyah, Ustaz Muri Albarack melakukan banyak persiapan ketika menjalani ibadah puasa ramadan. Salah satunya persiapan lahir dan batin.

“Persiapan lahir, lebih ke fisik dan kesehatan. Kalau batin, mental menghadapi puasa dengan melatih berpuasa sunnah sebelum ramadan. Dan persiapan ilmu,” ucap Ustaz Muri, kepada Nalar.ID, Sabtu (11/5).

Sebelumnya, ustaz ini baru tiba di Indonesia seusia umroh di Tanah Suci selama sepekan lebih. Lalu, bagaimana perbedaan berpuasa di Tanah Suci dengan di Tanah Air?

“Tanah Suci, antusiasnya mereka dengan berlomba-lomba bersodaqoh dan i’tikaf selama bulan ramadan full,” tukasnya.

Lantas, bagaimana kiat dan tips menjalani ibadah puasa ketika aktivitas tengah berlangsung? Ustaz Muri menjawab sederhana namun penuh makna. Ustaz Muri biasa memulai dengan makan dan istirahat cukup. Termasuk meningkatkan frekuensi ibadah. Terutama ibadah sunah selama ramadan seperti shalat Tarawih.

Manajemen Waktu

Sementara, untuk tips, Ustaz Muri mengimbau saat berpuaa untuk memerhatikan manajemen waktu. “Aktivitaslah maksimal. Tapi saat istirahat, gunakan waktu untuk istirahat,” sambungnya.

Lantas, apa saja tantangan sang ustaz saat menjalani ibadan ramadan kali ini? Pada prinsipnya, kata ustaz, tak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Namun, lanjutnya, lebih pada ke diri sendiri, yakni hawa nafsu. Kemudian, tantangan dari luar, yaitu bujuk rayu keduniaan seperti makan dan lainnya.

Terlebih adanya media sosial, bagaimana bisa menahan dari menggunjing, berghibah, mencaci, dan lain-lain. Ustaz menambahkan, setiap tahun, ramadan akan selalu istimewa bagi setiap kaum muslimin.

Disisi lain, ibadah puasa ramadan tak hanya berlaku untuk orang dewasa namun anak-anak. Tidak ada salahnya para orang tua mengajarkan anak berlatih puasa sejak dini. Pendidikan yang paling baik, kata ustaz, ialah contoh.

“Makanya, orang tua hendaknya menjadi contoh ketika berpuasa. Motivasi reward diberikan ke anak agar anak semangat berpuasa. Itu untuk memberikan pemahaman ke anak bahwa puasa adalah kewajiban sebagai orang Islam. Walaupun masih anak-anak, tetap harus latihan puasa agar terbiasa,” jelasnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi