Nalar.ID

Ini Cara Edukasi Rachel Vennya untuk Kesehatan Mental Seseorang

Nalar.ID – Ada yang unik pada pameran seni atau instalasi YouTubers dan selebgram Rachel Vennya pada 2 Agustus hingga 29 September 2019 di Kuningan City, Jakarta Selatan. Pasalnya, tema pameran perempuan 23 tahun ini menceritakan tentang kesehatan mental. Ia beri nama tema ‘Raven is Odd’.

Seluruh karya seni yang ia pamerkan ini terkait dengan segala persoalan kesehatan mental. Dalam jumpa pers Kamis (1/8) lalu, Rachel mengatakan bahwa tujuan pameran ini, selain ajang foto-foto para pengunjung, juga memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat jika sakit tidak sekadar terjadi pada fisik semata.

“Tapi juga mental, bisa merasakan sakit. Ada isu yang mau saya sampaikan ke masyarakat tentang kesehatan mental. Ini penting,” tukas Rachel.

15 Karya Instalasi

Ia mengungkapkan, banyak orang merasa sakit hanya sekadar pada fisik saja. Padahal, lanjutnya, kesehatan mental dapat memengaruhi seseorang dalam bekerja, sosialisasi, dan menjalankan kehidupan.

“Makanya, aku bikin pameran ini untuk memberikan edukasi dan wadah buat para pencinta seni untuk berkreasi sesuai tema tanpa batas,” tambah ibu satu anak ini.

Pengunjung yang hadir dimanjakan oleh kehadiran 15 instalasi karya seni Rachel. Seluruhnya bertema kesehatan mental. Ketika memasuki area pameran, pengunjung dibiarkan mendeskripsikan dan mengartiskan sendiri setiap karya seni yang mereka nikmati. Selain dimanjakan oleh karya seni, pengunjung dapat menikmati sharing session dari Rachel.

Meskipun diadakan di pusat perbelanjaan, Rachel mengaku biaya pembuatan pameran ini berasal dari kantong pribadinya. Ini tak lain sebagai wujud kepeduliannya terhadap isu-isu kesehatan mental di Indonesia.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi