Nalar.ID

Ini Cara Hibur Anak Penderita Kanker

Bogor, Nalar.ID – Keceriaan terlihat di wajah puluhan anak-anak penderita kanker saat mereka mengikuti kegiatan ‘Charity Cancer Camp 2018’ di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/11).

Kegiatan ke-7 ini diadakan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), Asian Medical Student’s Association (AMSA), dan Pastoran Atmajaya Wilayah Santo Lukas (PAWSL), serta GTV dan MNC Peduli.

Kepala penyelenggara, Felicia, mengatakan kegiatan ini bertujuan menghibur anak-anak penderita kanker. “Karena hati yang gembira juga obat tersendiri. Kegiatan ini memotivasi pasien dan orang tua, serta menghibur di sela kegiatan rutin mereka, sekaligus pengobatan. Termasuk menghibur dan memberi semangat untuk sembuh,” ujarnya, dalam siaran tertulis diterima Nalar.ID, Minggu (11/11).

Salah seorang peserta, Syifa, yakni penderita kanker sel darah putih atau leukimia, yang bercita-cita menjadi dokter anak ini senang atas kegiatan tersebut. “Senang karena setiap hari, kan di suntik, di kemo tapi acaranya jangan yang capek-capek,” imbuhnya, polos.

Hal senada juga diutarakan Adhika (10), penderita kanker mata (retinoblastoma) sejak bayi yang sudah beberapa kali ikut kegiatan ini.

‘Charity Cancer Camp 2018’ tahun ini mengambil tema ‘Utopia (Unite Together Pursuing Happiness)’. Selain diisi kegiatan menghibur dan mendidik, turut menghadirkan survivor (pejuang) kanker, penderita kanker yang sudah sembuh untuk berbagi cerita dan menularkan semangat untuk sembuh.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi