Nalar.ID

Ini Fakta PNS Korup, Karier Mati dan Lost Gaji

Nalar.ID, Jakarta – Hingga kini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, ada 2.357 pegawai negeri sipil (PNS) pelaku tindak pidana korupsi (tipikor) sudah berstatus inkracht atau berkekuatan hukum tetap dan tak ada upaya hukum biasa yang bisa ditempuh lagi.

Mirisnya, walau dinyatakan korupsi, mereka masih bekerja di sejumlah institusi pemerintah. Mulai dari pemerintah provinsi, kementerian, sampai kabupaten serta kota.

Dari data BKN, DKI Jakarta pemerintah tingkat provinsi yang paling banyak mempekerjakan PNS berstatus terpidana tipikor inkracht. Jumlahnya sebanyak 52 orang. Berikut penelusuran Nalar.ID, dihimpun dari berbagai sumber:

Kemenhub dan Pemprov DKI Terbanyak Pekerjakan PNS Koruptor

Total, seluruh PNS terlibat tipikor di Provinsi/ Kabupaten/ Kota 2259 orang. Di pusat (Kementerian/ Lembaga) sebanyak 98, dan 2357 orang jenderal. Daftar rekapitulasi data PNS yang terlibat tipikior pada instansi pusat yang berjumlah 98 orang, paling banyak adalah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang berjumlah 98 orang. Disusul dengan Kementerian Agama (Kemenag) 12 orang.

2.357 PNS Koruptor Belum Dipecat

KPK mengungkapkan, BKN telah memblokir sebanyak 2.357 Pegawai Negeri Sipil (PNS) koruptor yang masih aktif. Namun, 2.357 PNS tersebut belum dipecat serta masih menerima gaji dari institusinya.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang meminta agar PNS yang kasus korupsinya telah berkekuatan hu‎kum tetap (inkracht) dipecat agar tidak mendapat gaji dari negara. Apabila, PNS tersebut belum dipecat, maka gaji yang diterimanya harus dikembalikan ke negara. “Prinsipnya, kalau (PNS koruptor) masih digaji itu harus‎ dikembalikan ke negara,” kata Saut.

PNS Korup Masih Nikmati Gaji

Sejauh ini pemerintah sudah merespons dengan membuat surat keputusan bersama (SKB) yang melibatkan tiga pihak terkait. Hanya prosesnya masih lama, hingga gaji untuk PNS terpidana korupsi baru bisa dihentikan Desember nanti. Direktur Eksekutif Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng menilai persoalan tersebut sebenarnya bukan hal yang rumit untuk dituntaskan. Masalahnya tergantung kemauan dan keseriusan masing-masing pimpinan instansi.

52 PNS Napi Korupsi Sudah Dipecat

BKN mencatat hingga kini ada 2.357 PNS pelaku tindak pidana korupsi (tipikor) yang sudah berstatus inkracht masih bekerja di berbagai instansi pemerintah. Dari data itu terdapat 52 orang di antaranya berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Kepala Pengendalian Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Wahyono memastikan telah mencopot status PNS kepada setiap pegawai yang telah terbukti melakukan korupsi dan mempunyai kekuatan hukum tetap, maka pihaknya langsung memberhentikan secara tidak hormat.

Penulis: Baktian, Febriansyah Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi