Nalar.ID

Ini Gugatan Nagaswara ke Gen Halilintar Soal Hak Cipta

Nalar.ID, Jakarta -Keluarga Gen Halilintar digugat oleh perusahaan label musik Nagaswara Music & Publishing. Gen dan keluarga diduga melanggar hak cipta lagu ‘Lagi Syantik’ yang dipopulerkan oleh Siti Badriah.

Kisah bermula tahun 2018, saat keluarga Gen menyanyikan ulang dan mengubah lirik lagu tersebut tanpa izin Nagaswara. Lantas mengunggahnya di YouTube. Nagaswara mengajukan gugatan perdata atas dugaan pelanggaran hak cipta kepada keluarga Gen ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Saat ini video cover lagu tersebut telah dihapus oleh keluarga Gen dari channel-nya.

Kuasa hukum Nagaswara, Yos Mulayadi menyebut jika kliennya mengalami kerugian tak sedikit. “Ada materiil dan imateriil. Jumlahnya nanti kalau gugatan sudah dibacakan. Kalau kerugian, pasti pelanggaran hak cipta. Secara hukum ada distorsi ciptaan, karena ada ‘Lagu Syantik’ versi Gen Halilintar dan klien saya,” katanya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020) lalu.

Yos mengakui pasal yang dikenakan pada kasus ini adalah pelanggaran hak cipta. “Lebih banyak hak moral Pasal 4 dan 9 soal pelanggaran hak cipta, memproduksi tanpa izin, lisensi dan mengubah lirik,” tukasnya.

Dikutip dari laman resmi PN Jakarta Pusat, Nagaswara menuntut keluarga Gen harus membayar sejumlah denda dan kerugian atas dugaan pelanggaran hak cipta. Totalnya sebesar RP 9,5 miliar. Menurut Yos, ini bukan perkara uang yang jadi persoalan utama. Namun, lebih kepada untuk memberi efek jera kepada para pelanggar hak cipta.

“Ini tentang hak moral. Salah satunya tentang perubahan lirik, dan lisensi tanpa ijin. Yang kita masalahkan dari segi hukum untuk hak cipta dilindungi,” tambah Yos.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi