Nalar.ID

Ini Perjuangan TVRI Raih Televisi Ramah Anak

Nalar.ID, Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyerahkan anugerah kepada Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) sebagai Televisi Ramah Anak 2020.

Anugerah ini adalah bentuk apresiasi tertinggi untuk lembaga penyiaran, televisi dan radio, yang telah menghasilkan karya terbaik bagi program siaran khusus anak.

Dari 10 kategori program acara anak yang diperlombakan dalam Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2020, TVRI menyabet dua kategori. Antara lain, Televisi Ramah Anak 2020 dan Program Dokumenter untuk acara ‘Cerita Minggu Pagi’.

Tak hanya itu. Empat program anak TVRI lainnya masuk nominasi APRA 2020. Seperti ‘Buah Hatiku Sayang’ (Program Variety Show), ‘Asyiknya Menggambar’ (Program Pendidikan Anak Indonesia), ‘Kami Anak Indonesia’ (Program Dokumenter), dan ‘Cerita Sabtu Pagi’ (Program Dokumenter).

Kerjasama Kemendikbud

Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno berterima kasih kepada KPI atas penghargaan tersebut. Sebagai lembaga penyiaran publik, lanjutnya, sudah menjadi tugas TVRI memberikan siaran yang mencerdaskan bangsa.

“Khususnya program siaran untuk anak-anak dan pelajar. Selama pandemi Covid-19, kami melakukan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program kerja sama ‘Belajar dari Rumah’,” kata Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno, dalam siaran tertulis diterima Nalar.ID, Sabtu (29/8/2020).

Adapun, anugerah yang diterima ini merupakan komitmen TVRI sesuai kebijakan yang digariskan Dewan Pengawas LPP TVRI.

“Dalam kebijakan siaran, Dewan Pengawas memberikan arahan agar TVRI menjadi televisi publik yang ramah anak,” kata Anggota Dewan Pengawas, yang membidangi Program dan Berita, Pamungkas Trishadiatmoko.

Kualitas hingga Konten

Kepala Bidang Program LPP TVRI Herly Marjoni menyatakan TVRI akan terus meningkatkan tayangan untuk anak-anak. Baik dari segi kualitas maupun konten.

“Terima kasih support teman-teman produksi dan TVRI daerah, sehingga TVRI dapat meraih anugerah Televisi Ramah Anak 2020,” ucap Herly Marjoni, saat menerima APRA 2020 dari KPI.

Sekadar informasi, pemenang dalam APRA 2020 merupakan hasil penilaian dari tim juri yang kompeten dan kredibel. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang.

APRA 2020 merupakan kerja sama antara KPI dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sebelumnya, Anugerah Penyiaran Ramah Anak untuk kategori Televisi Ramah Anak juga pernah diraih TVRI tahun 2017 lalu.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi