Nalar.ID

Ini Rahasia Perusahaan Berlingkungan Kerja Terbaik di Indonesia

Jakarta, Nalar.ID – Baru-baru ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., masuk 15 besar perusahaan dengan lingkungan kerja terbaik di ‘Global 2000 List of the World’s Best Employers List 2018’ versi majalah Forbes. Di jajaran itu, Bank Mandiri berada di peringkat 11 dari 2.000 perusahaan di dunia.

Di Indonesia, Bank Mandiri, satu-satunya perusahaan yang masuk 15 besar. Dalam jumpa pers di Plaza Mandiri, Jakarta Pusat, Jumat (26/10/), generasi milenial mencakup separuh dari jumlah karyawan di Bank Mandiri dengan potensi lebih.

“Generasi ini kreatif, tech savvy, borderless, dan tak segan berpendapat,” kata Direktur Kepatuhan Bank Mandiri plus membawahi Human Capital Agus Dwi Handaya.

Pihaknya percaya, karyawan yang bekerja dengan capable, happy, produktif, dan engaged, kunci keberhasilan perseroan jangka panjang. Perusahaan ini ingin menjadikan karyawan super produktif dan super happy.

Ada 4 eleman yang dibangun Bank Mandiri dalam membangun kebahagiaan dan produktivitas:

Komunikasi dan Role Model

Bertujuan membangun komunikasi dan antarpimpinan dengan atasan, serta kolega yang lebih egaliter, terbuka dan informal. Baik aktivitas kerja sehari-hari maupun acara kebersamaan seperti happy hour, Mandiri Karnaval, Mandiri Volunteer, dan employee gathering. Pimpinan unit juga dilatih ber-storytelling, membimbing tim, asking the right question, dalam mencapai purpose bekerja.

Manajemen Kinerja

Diimplementasi ke sejumlah alat dan metode guna memperkuat akuntabilitas pengukuran kinerja karyawan. Salah satunya menyediakan sejumlah program untuk apresiasi pegawai. Mulai dari gaji, bonus, fasilitas tunjangan, hingga apresiasi khusus.

Kapabilitas

Tersedia pelatihan dan pendidikan dan kerjasama dengan berbagai kampus di dalam dan luar negeri. Yakni, agar meningkatkan soft skill, pembelajar tangguh, kapabilitas teknis, dan kepemimpinan. Bank ini juga punya Mandiri Inkubator, yang membina para startup fintech generasi milenial. Termasuk melatih dan memberi kesempatan para difabel berkontribusi di bank ini.

Simbol dan Fasilitas

Fasilitas dan ruang kerja kekinian sesuai selera milenial. Termasuk fasilitas hobi dan seni, baik olahraga indoor atau outdoor. Ada pula Mandiri Club, yang mengorganisir komunitas berbagai hobi dan cabang olahraga yang disukai karyawan. Juga ada fasilitas ruang laktasi bagi pegawai menyusui dan day care untuk anak usia 1-5 tahun, sehingga pegawai bisa bawa anak ke kantor. Selain memperkenankan pegawai berbusana kerja informal pada waktu tertentu.

Penulis: Veronica Cathlea | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi