Nalar.ID

Ini Tarif dan Jadwal MRT Jakarta

Nalar.ID – Transportasi moda raya terpadu (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus – Bundaran HI, diresmikan Presiden Joko Widodo, Minggu (24/3).

Kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Minggu (24/3), MRT akan beroperasi mulai Senin (25/3) sampai April 2019. Kereta beroperasi mulai pukul 05.30 – 22.30 WIB. Waktu tunggu kedatangan (headway) setiap 10 menit.

“Setelah waktu jangka itu, jumlah MRT yang operasi tambah jadi 16 unit dan headway 5 menit. Waktu pengoperasian juga akan diperpanjang. Jadi, setelah April, rangkaian tambah jadi 16. Jam operasional ditambah dari jam 05.00 WIB sampai 24.00 malam,” ucap Anies.

Adapun, tarif MRT bakal disesuaikan di setiap jalur stasiun, alias tidak flat. Menurutnya, metode penerapan tarif itu adalah hal baru. “Biasanya transportasi umum di Jakarta menerapkan tarif flat. Tapi kalau ini sesuai stasiun. Nanti rata-rata per kilometer sekitar Rp 1.000,” tambahnya.

“Meskipun sudah disepakati, tetapi belum diketok (kesepakatannya), nanti diketoknya hari Senin. Jadi saya ada tabel (tarif)-nya di kantong saya sekarang. Data tarifanya setiap stasiun ada, tetapi saya ingin jaga etikanya,” ujar Anies.

Di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Transjakarta William Sabandar menuturkan, MRT Jakarta beroperasi gratis pada 25 – 31 Maret 2019. Hanya saja, penumpang tetap harus beli tiket mulai 25 Maret. Saldo di tiket tak terpotong saat tap-in. Tiket bisa dibeli di sales office dan vending machine di setiap stasiun MRT Jakarta. Tarif MRT diberlakukan mulai 1 April 2019.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi