Nalar.ID

Ini WNI Ke-5 Terima Gelar Doktor Kehormatan di Jepang

Nalar.ID, Tokyo – Ketua Umum PDI Perjuangan, sekaligus eks Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri akan menerima menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang.

Usia menerima gelar itu, Megawati bakal menjadi warga negara Indonesia (WNI) kelima yang menerima gelar tersebut dari universitas di Tokyo tersebut.

Demikian pernyataan Hiroki Shimoide, Direktur Administratif Universitas Soka kepada Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, dan rombongan melalui penerjemahnya, saat meninjau kampus Universitas Soka, Selasa (7/1/2020). Rokhmin dan rombongan saat itu meninjau lokasi upacara penganugerahan di universitas itu.

Sekadar informasi, penyambutan dan penganugerahan gelar Honoris Causa berlangsung Rabu (8/1/2020) pagi waktu setempat.

Hiroki mengatakan, ini keinginan pihak Kampus Soka agar Megawati dan para mahasiswa dapat berfoto bersama di depan patung Leonardo da Vinci (1452-1519). Menurut Hiroki, patung itu menjadi ikon bagi Universitas Soka.

Setelah foto bersama, Megawati dan rombongan melihat pameran foto sebelum menuju lantai 17 tempat penganugerahan.

Di pameran tersebut ditampilkan sejumlah foto pertemuan pendiri Soka Daisaku Ikeda dan beberapa kepala negara asing. Termasuk pemberian gelar DR HC kepada Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tahun 2002.

Selain Gus Dur, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah menerima gelar dari Universitas Soka ini.

“Persiapan teknis sudah luar biasa. Saya mendampingi Ibu Megawati menerima enam gelar DR HC. Ini well prepared. Apalagi Soka perguruan tinggi yang telah memberi gelar ke orang-orang terkenal di dunia. Ini bagus sekali,” jelas Rokhmin, usai menerima paparan dari pimpinan Universitas Soka.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi