Nalar.ID

Ini yang Harus Dilakukan Pelaku Usaha Jika Pandemi Berlalu

Nalar.ID, Jakarta – Pandemi Covid-19 diharapkan banyak pihak, termasuk pelaku usaha segera berlalu. Sehingga kondisi segera kembali normal seperti semula. Ternyata kondisi tak belum tentu akan sama seperti sebelum wabah ini muncul.

Banyak yang membayangkan, setelah pandemi berlalu, situasi bakal kembali normal.

“Tetapi, bisa jadi itu memang tidak terjadi. Tetapi bukan normal seperti dulu, ya tapi normal yang disebut dengan ‘New Normal’. Lebih kesitu,” ujar CEO Maestro Consulting, Handoko Wignjowargo, belum lama ini.

Katalisator Perubahan

Diakui Handoko, kondisi ‘New Normal’ merupakan sebuah situasi baru yang terbentuk akibat katalisator perubahan.

“Katalisator disini yang dimaksud adalah virus Covid-19. Contohnya, bila situasi sebelum pandemi, menggunakan masker terlihat tampak upnormal. Tapi, di masa ‘New Normal’, ke mana-mana orang pakai masker dan hand sanitizer. Enggak cuma masker putih atau hijau (masker medis), juga akan muncul masker modis yang bisa matching dengan busana yang dikenakan saat itu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Handoko, pandemi ini juga membuat perubahan perilaku di ranah digital. Ada peningkatan besar pada aktivitas digital saat pandemi berkembang.

“Nah, uniknya, setelah pandemi selesai akan ada suatu kondisi yang teradaptasi dari masa pandemi itu. Kondisi ini teradaptasi dari perubahan perilaku digital,” paparnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi