Nalar.ID

Jelajah Touring, Cara Bangkitkan Perekonomian Nasional Pariwisata

Nalar.ID, Jakarta – Ketua MPR RI dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung kegiatan touring ‘Exposing Beauty of Indonesia, Legend Riders Club Expedisi KM 0’, yang akan dilakukan sekitar 18 pembalap senior yang tergabung dalam Legend Riders Club, pada 22 Mei-1 Juni 2021.

Menempuh rute sepanjang lebih-kurang 1.887 kilometer, mereka akan menjelajahi Sumatera Barat-Aceh dan berakhir di Sumatera Utara. Rute yang dilalui, yakni Padang Panjang-Padang Sidempuan-Prapat Danau Toba-Tapak Tuan-Meulaboh-Banda Aceh-Lhokseumawe dan berakhir di Medan.

Legend Riders Club sudah memiliki banyak pengalaman touring. Di antaranya menempuh rute Yogyakarta-Malang-Bali. Lalu, Malang-Bromo-Bali (dua kali). Ada pula Jakarta-Tawangmangu-Yogyakarta. Dilanjutkan Jakarta-Tanjung Lesung-Pelabuhan Ratu-Ciletuh.

Kemudian, Jakarta-Negeri Atas Angin-Cidaun-Ciwidey-Jakarta. Serta Jakarta-Pangalengan-Pangandaran (3 kali). Dilanjutkan Jakarta-KRUI Sumatra-Jakarta. Serta Jakarta-Bandung-Garut-Jakarta. Terakhir, Jakarta-Bukittinggi-Jakarta.

Diketahui, pandemi Covid-19 menghentikan kunjungan wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang Januari-September 2020, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara hanya dilakukan untuk perjalanan bisnis. Jumlahnya hanya 3,56 juta kunjungan.

Turun 70,57 persen dibandingkan tahun 2019, di mana jumlah kunjungan wisatawan mancanegara untuk berlibur dan berbisnis mencapai 12,10 juta kunjungan. Sementara wisatawan domestik, diproyeksikan sampai akhir tahun 2020, pergerakannya mencapai 120-139 juta kunjungan. 

Diketahui, sektor pariwisata sangat berperan penting dalam perekonomian nasional. Sepanjang 2019-2020, total jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 13 juta orang.

Porsi tenaga kerja sektor pariwisata terhadap keseluruhan pekerja nasional mencapai 10,2 persen. Sumbangan devisa sektor pariwisata mencapai sekitar 20 miliar dolar AS. Terdapat 14 subsektor yang berkaitan langsung dengan industri pariwisata, seperti hotel, restoran, dan transportasi.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi