Nalar.ID

K-Pop Menjalar, RTV Tayangkan Program Hallyu

Nalar.ID, JakartaPopularitas budaya dan hiburan Korea di Asia, atau di negara di dunia menembus puncaknya. Memilih generasi muda sebagai pengikutnya. Korea yang dimaksud tentu saja Korea Selatan. Gelombang besar ini memengaruhi gaya hidup anak muda, termasuk di Indonesia. 

Dalam siaran tertulis diterima Nalar.ID, Korean Wave atau Hallyu atau Gelombang Korea adalah istilah yang merujuk popularitas hiburan dan budaya Korea di negara-negara lain.

Hallyu mencakup berbagai aspek. Mulai dari musik, drama televisi, film, makanan, literatur, kosmetik, dan bahasa. Di laman Ministry of Foreign Affairs Republic of Korea, fenomena Hallyu kali pertama muncul pertengahan 1990-an usai Korea menggelar hubungan diplomatik dengan Tiongkok tahun 1992.

Setelah itu, musik pop Korea (K-Pop) dan drama TV Korea (K-Drama) langsung populer di kalangan masyarakat Tiongkok. Kini, K-Pop terus menarik banyak penggemar dari seluruh dunia.

Kesuksesan K-Pop didahului oleh meroketnya grup idol. Mereka menyebarkan demam K-Pop ke seluruh dunia. Termasuk ketenaran para penyanyi K-Pop berkat kualitas vokal yang bagus, penampilan panggung memukau, dan dancer menarik. Salah satunya Indonesia.

Oleh karena itu, Rajawali Televisi (RTV) yang bekerjasama dengan Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), melalui redaksi Lensa Indonesia menyuguhkan informasi dan pemberitaan tentang berita Hallyu. KCCI sendiri di bawah pimpinan Direktur Kim Yong Woon.

Dalam momen itu, pada Kamis, 9 Desember 2021 lalu di Gedung KCCI Jakarta, RTV menerima penghargaan atas kontribusi dalam mempromosikan Hallyu di Indonesia. Penghargaan diserahkan pada acara malam apresiasi KCCI 2021.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi