Nalar.ID

Karya Mario Blanco Ini Mejeng di Pameran ‘A Day in Indonesia’ Hongaria

Nalar.ID, Budapest – Kegiatan promosi budaya Indonesia pada 23 Januari 2022 lalu di Eotvos 10 Cultural House, Budapest, berlangsung sukses. Terlihat, sejumlah pasangan muda Hongaria terkesan atas aneka ragam penampilan tarian dan gamelan tradisional Indonesia.

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Hongaria, Y.M.A.H. Dimas Wahab menuturkan bahwa event ini merupakan teaser di awal tahun 2022.

“Harapan saya, adanya new normal dan berakhirnya pandemi, warga Hongaria dan masyarakat Eropa bisa berkunjung kembali ke berbagai daerah tujuan wisata di Indonesia,” ujar Dimas Wahab, dalam keterangan tertulisnya.

Diketahui, kegiatan bertajuk A Day in Indonesia ini merupakan hasil kerjasama dengan Hopp Ferenc Museum of Asiatic Arts dan Eotvos 10 Cultural House di Budapest. Banyak ragam dalam gelaran promosi budaya Indonesia tersebut. Di antaranya, pemutaran video musik dari Aksi Cinta Indonesia.

Keunikan dan daya tarik kegiatan ini, yakni sebagian besar para penari membawakan Tari Joged dari Bali, Tari Jejer Jaran Dawuh, hingga Tari Bajidor Kahot. Para penari adalah warga Hongaria. Mereka juga memainkan gending-gending klasik Jawa.

Tak ketinggalan, para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hongaria juga ikut memeriahkan acara dengan menari Tari Topeng dan Tari Saman.

Tidak hanya itu. Para pengunjung juga menikmati keindahan alam, budaya, dan masyarakat Indonesia melalui hasil jepretan kamera Mario Blanco. Ia merupakan fotografer dan seniman kenamaan Tanah Air asal Pulau Dewata, alias Bali.

Apa saja karya Mario Blanco? Yuk, intip!

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi