Nalar.ID

Kebut Program Tol Laut, Bank Dunia Bantu Bangun Kapal Ro-Ro

Nalar.ID, Jakarta – Belum lama ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Tenau di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia ingin memastikan program tol laut di wilayah NTT berjalan baik.

Ia mengungkapkan adanya keinginan dari Bank Dunia untuk mendukung bantuan pembangunan kapal ro-ro guna meningkatkan konektivitas di daerah kepulauan seperti NTT dan Maluku.

“Karena daerah kepulauan seperti NTT dan Maluku butuh pergerakan lalu lintas kapal yang lebih intens dan sampai end to end menjangkau masyarakat,” ujarnya, dalam keterangan pers diterima Nalar.ID.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, sedang mengkaji rute dari kapal ro-ro bantuan dari Bank Dunia.

“Kapal ini nantinya akan berkeliling dari NTT sampai ke Maluku, sehingga jarak perjalanan kapal tidak jauh dan daerah ini semakin sering disinggahi kapal yang membawa penumpang maupun logistik,” ucapnya.

Menhub menyebut kapal ro-ro akan menjadi pelengkap dan pendukung dari program tol laut dan kapal-kapal perintis yang selama ini telah beroperasi.

“World Bank sudah setuju untuk memberikan bantuan, dan akan segera difinalisasi. Insha Allah tahun depan atau paling lambat 2024 sudah jalan,” katanya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi