Nalar.ID

Keindahan Tersembunyi di Kawasan Ekowisata Terbesar di Magelang

Nalar.ID, Magelang – Watu Nganten, mungkin belum banyak yang tahu nama tempat ini. Sebab, sejatinya tempat wisata alam Watu Nganten boleh dibilang masih  baru.

Terletak  di Dusun Ngentak Desa Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dapat ditempuh sekitar 15 km dari Kota Mungkid,  ibukota Kabupaten Magelang ke arah timur. Watu  Nganten masih termasuk di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Watu Nganten menawarkan udara segar di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dengan berlatar panorama Gunung Merapi dan sungai Mbelan yang punya debit air yang keluar cukup besar sehingga bisa dijadikan sumber air dan irigasi persawahan untuk  masyarakat setempat.

Hampir sepanjang tahun sungai ini tidak pernah kering. Boleh dibilang, paket lengkap wisata alam yang memadukan Gunung Merapi dan aliran air sungai Mbalen, plus grojokan yang disebut dengan nama Grojokan Ndelik.

Bila mengunjungi tempat ini di pagi hari dan cuaca mendukung maka kita dapat menyaksikan sunrise indah dipadu curahan air dari Grojokan Ndelik yang airnya mengalir menyatu dengan sungai Mbelan.

Saat ini, Watu Nganten masih dikelola masyarakat dusun yang tergabung dalan kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ‘Permata Wisata’. Mereka berencana terus meningkatkan pengelolaan profesional sebagai kawasan wisata air.

Dari tempat ini, juga ada cerita menarik tentang legenda Watu Ngnten. Di mana, ada 2 buah batu berdampingan tak terpisahkan walau sebesar apapun aliran sungai ini.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi