Nalar.ID

Kembalikan Kepercayaan Berwisata di Mandalika

Nalar.ID, Jakarta – Sejak pandemi Covid-19, sejumlah negara membatasi kedatangan dan perjalanan wisatawan. Ini untuk mencegah penyebaran yang semakin meluas. Pembatasan wisatawan juga berdampak besar terhadap daerah yang menggantungkan kegiatan perekonomiannya terhadap pariwisata.

Sebab itu, Mandalika Hotels Association (MHA) menggagas kegiatan yang bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk berwisata ke kawasan Mandalika. Kegiatan yang dimaksud, yakni MHA Open 2020 Surfing Competition pada 16-18 Desember 2020 di Pantai Seger, Kawasan KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Wisatawan peselancar atau surfer cenderung cari destinasi wisata yang sepi dan memiliki length of stay  panjang. Ini sejalan dengan program pemerintah yang fokus pada nilai kualitas wisatawan dibandingkan kuantitas,” kata Direktur Promosi WIsata Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Adella Raung, dalam keterangan tertulis kepada Nalar.ID.

Adanya kegiatan ini memberi efek domino bagi perekonomian masyarakat Lombok. Sekaligus bukti, sebagai destinasi wisata, Mandalika siap mengedepankan kegiatan berskala nasional dan internasional meski pandemi masih berlangsung.

MHA Open 2020 Surfing Competition diikuti 170 peselancar. Tak hanya dari NTB, namun ddari Mentawai, Nias, Bali, Kupang, Jawa Barat. Ada pula peserta asing yang tinggal di Indonesia, yaitu dari Australia, USA, Russia, dan Afrika selatan.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi